Filter Oli Setrifugal

Sepedamotor ada yang dilengkapi dengan filter oli setrifugal, cara kerjanya:

Oli yang masuk ke dalam filter ini sebelum selanjutnya dikirim melalui lubang/bagian tengah crankshaft yang kemudian melumasi setang seher (big end connecting rod) mendapat gaya setrifugal (lihat buku fisika) sehingga jika ada kotoran yang mempunyai massa lebih berat dari oli, kotoran tersebut akan terperangkap di dalam filter sentrifugal ini.

Untuk sepedamotor yang dilengkapi filter oli kertas atau model tabung dapat dengan mudah menggantinya, sedangkan filter oli sentrifugal ini letaknya didalam mesin, jadi harus membuka tutup mesin bagian sebelah kanan.

bengkelsepedamotor filter oli sentrifugal

Setelah dibuka nampak Filter Oli setrifugal adalah lingkaran sebelah kanan, sedangkan sebelah kiri adalah Kopling, keluarkan dahulu oli mesin sebelum membuka tutup mesin sebelah kanan ini.

Perhatikan ada 4 sekrup untuk membuka dan membersihkan filter oli sentrifugal ini, 2 sekrup telah berhasil dibuka oleh bengkelsepedamotor, namun dua buah lagi, dengan obeng philips #2 biasa tidak berhasil, selalu selip, bahkan salah satu sekrup ada bekas luka (diketok pahat ???), bagaimana yah ? coba tebak, bengkelsepedamotor akan buka menggunakan alat apa ?

^

^

^

^

^

^

^

OBENG KETOK !!!

^

^

^

^

^

^

^

Maaf jawaban itu salah, apalagi pakai pahat + palu, obeng ketok boleh dipakai kalau sekrup/baut yang mau dibuka ada pada bagian yang tetap seperti cover crankcase, kalau sekrup ini digetok sedangkan filter oli sentrifugal adalah bagian mesin yang berputar, dengan kecepatan putar yang cukup tinggi, pada model sepedamotor ini dapat mencapai 8.000 rpm, terpasang pada crankshaft dan duduk pada bearing, menggetok bagian ini bukanlah hal yang bijaksana, karena percuma crankshaft dibalans disini (artikel balans kruk as), kalau akhirnya digetok.

Cara yang dipakai bengkelsepedamotor

Alat :

  • C – Clamp
  • Philips #2 bit (mata obeng plus nomor 2)
  • Kunci ring pas 1/4″ inch (sesuai ukuran mata obeng)

Cara :

  • Pasang mata obeng pada sekrup yang hendak dibuka.
  • Jepit dengan C-Clamp agar mata obeng tidak lepas/melejit keluar dari alur +
  • Putar mata obeng berlawanan arah jarum jam (membuka) dengan kunci ring pas.
>>>

BERHASIL tanpa kekerasan…

Upload video menyusul, (malam ini ada Anniversary Celebration 14 tahun menikah dengan istri tersayang…)

Silahkan klik VIDEO atau jika sudah muncul ada dibawah ini (video pertama bengkelsepedamotor channel).

19 thoughts on “Filter Oli Setrifugal

  1. mantap tips buka bautnya, bisa ditiru kapan-kapan. saya juga punya clamp mirip kayak gitu. bukan clamp c tapi clamp F . biasa tak pake untuk pasang plat kopling dengan pegas matahari

  2. Superb……. kereeeen… ane juga ngebengkel bro, tapi pemula. Dan terima kasih banyak info2nya gan. Ini pencerdasan namanya, bukan pembodohan ala capres….

  3. Mas, untuk pompa oli nya honda win, kapan hari baru dibongkar dibengkel, ada shaft nya yang hilang.
    Di P.N . 15441-198-000 seperti pada gambar, apakah di lubang tengah itu ada semacam shaft ? Karena kalo saya lihat di katalog part book, “shaft” itu tidak ada gambar dan part number nya….
    Mohon info detail mengenai “shaft” tsb ya?

    Maturnuwun,,,

  4. Punya aq mega pro jadul,tak buka filter oli sentrifugal kok gk ada filternya!!tp banyak gram2 yg nempel d dalem,mau ganti filter susah nyarinya,bisa d akal gk om. . . .!m’f newbee

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s