KMO: Setel katup DOHC

triumph bonneville valve clearance

Kenapa KMO ?

Tingkat: MAHIR

Setelah sepedamotor menempuh jarak tertentu (lihat service interval masing-masing model), ada saatnya perlu periksa celah antara camshaft dengan valve (setel klep).
Celah ini diperlukan agar mesin dapat bekerja sempurna, pemeriksaan dan penyetelan dilakukan saat mesin dingin, spesifikasi celah yang diberikan oleh pabrikan adalah saat batang katup, valve stem belum memuai (bertambah panjang) karena panas, saat mesin mencapai suhu kerja batang katup akan memuai dan celah ini akan berkurang sampai nilai minimum, harus tetap ada celah agar katup dapat menutup sempurna, langkah kompresi dan langkah tenaga tidak bocor ke saluran masuk maupun saluran buang. Celah yang baik dan pas juga memastikan tinggi bukaan katup maksimal untuk efisiensi masuk bahan bakar dan pengeluaran sisa hasil pembakaran.
Sepedamotor dengan sistem penggerak katup DOHC umumnya menggunakan shim, pengganjal berbentuk tablet yang diselipkan antara katup dan camshaft, shim yang tipis akan menghasilkan celah yang besar, shim yang tebal akan mengurangi jarak celah.

shim bengkelsepedamotor kmoPenyetelan celah katup mesin DOHC yang menggunakan shim dimulai dengan memiliki Service Manual, untuk mengetahui bagaimana cara merawat sepedamotor, cara membuka penutup camshaft untuk mencapai posisi shim, nilai celah klep sesuai model sepedamotor yang sedang dirawat. Part Catalog, ukuran shim yang tersedia.
Kalkulator, ini untuk menghitung berapa tebal shim yang diperlukan untuk mencapai celah katup, valve clearance yang ideal, rumusnya:

            C + D – X = Y nilai ukuran shim ideal

C = Hasil pengukuran kerenggangan klep dengan thickness gauge.

D = Hasil pengukuran ketebalan shim dengan micrometer

X = kerenggangan klep sesuai Service Manual (minimum + maksimum):2

Langsung lihat Part Catalog, apakah ada ukuran tebal shim yang sesuai dengan Y,
jika tidak ada mau tidak mau harus pilih ukuran shim yang terdekat setingkat lebih tipis atau setingkat lebil tebal.

triumph valve clearanceThickness gauge untuk mengukur celah katup, gunakan yang mempunyai ketelitian 0.01mm, misalnya dapat mengukur nilai 0.11mm, ini boleh dipakai. Jika thickness gauge, feeler gauge atau bilah ukur hanya dapat mengukur dengan ketelitian 0.05mm ini tidak dapat digunakan kerena umumnya shim mempunyai pilihan ketebalan dengan selisih nilai antar ukuran sebesar 0.025mm. Gambar disamping menunjukan kemasan Metric Feeler Gauge dengan ukuran paling tipis 0.04mm, kemudian setelah 0.10mm langsung lompat 0.15mm. Bagaimana untuk mengukur 0.11mm ? Bilah ukur boleh ditumpuk, 0.05mm + 0.06mm = 0.11mm.

mitutoyo micrometerMicrometer untuk mengukur ketebalan shim, baik yang lama terpasang disepedamotor maupun shim yang baru, merupakan praktek yang baik untuk selalu mengukur shim dengan micrometer walaupun sudah ada angka tertulis pada shim yang menunjukan ukuran shim tersebut.

bengkelsepedamotor triumph bonnevilleContoh:
C = 0.22mm – hasil ukur celah
D = 2.900mm – hasil ukur tebal shim terpasang
X = 0.25mm – 0.30mm = 0.275mm – nilai tengah celah katup
Y = 0.22 + 2.900 – 0.275 = 2.845mm -> lihat part catalog
bengkelsepedamotor bonneville

Shim ukuran 2.845mm tidak ada, pilihannya 2.850mm atau 2.825mm.
Pakai yang paling dekat yaitu 2.850mm.
Standar spesifikasi Service Manual 0.25mm ~ 0.30mm.
Hitung ulang hasilnya: 0.22 + 2.900 – 2.850 = 0.27mm
OK masuk dalam batas spesifikasi, selamat mencoba, lembar kerja dalam bentuk pdf siap cetak.
Catatan: tulisan diatas adalah pendapat pribadi bengkelsepedamotor, tidak ada hubungan dengan produsen sepedamotor manapun, dan jika ingin mencoba segala resiko adalah tanggung jawab sendiri.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

2 thoughts on “KMO: Setel katup DOHC

  1. Meski suka otak atik mesin, tapi urusan setel klep fu saya lebih nyaman serahkan ke mekanik suzuki di kota saya, lagian yg bayar kan bini

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s