Mengganti Belt Skutik

Punya skutik Honda BeAT sudah hampir 5 tahun (Feb 2010) masih awet, cuma mau ganti saja beltnya, beli sukucadang di HEPS Dewi Sartika Cawang dengan nomor 23100-KVY-BA1 dan baru hari ini sempat dibongkar. Awalnya agak ragu mau bongkar sendiri masih belum yakin bagaimana menahan drive pulley (depan) kalau driven pulley sudah ada spesial tool penahan rotor magnet, ada yang menyarankan buka pakai impact driver, iya buka murnya jadi gampang, tapi bengkelsepedamotor tidak punya. Pakai yang ada saja pelan-pelan asal tidak diketok palu pasti aman, kerja harus tetap prosedur, rapih, sabar.

bengkelsepedamotor ganti belt skutik
Buka hanya baut #20, #21 & #22
Sumber: AHM Honda BeAT parts catalog

ganti cvt skutikBuka semua baut penutup CVT, kick starter tidak perlu dilepas, justru dapat membantu melepas penutup CVT, tinggal kick perlahan, penutup terlepas, pastikan semua baut sudah dilepas. Suku cadang yang diplastik sudah satu set, belt dan 6 buah roller.
Ada 2 mur besar, ukuran 22mm (depan) dan 19mm (belakang) yang harus dilepas sebelum dapat melepas belt & roller.

ganti cvt hondaKendurkan dahulu mur 19mm yang belakang, karena yakin ada spesial tool yang bisa digunakan untuk menahan, lanjutkan dengan membuka mur 22mm bagian depan.

cvt spesial tool
Posisi gir (special tool) saat membuka mur 22mm

Kebetulan ada gir belakang bekas dari aluminium alloy, pakai untuk ganjal, mantap, putar mur 22mm berlawanan arah jarum jam, berhasil. Lanjutkan melepas semua bagian sampai pada bagian penutup roller, lepas sambil perhatikan susunan komponen, setelah dibersihkan, pasang kembali dengan roller dan belt yang baru.

alat buka cvt honda
Posisi spesial tool saat mengencangkan mur 22mm

ganti cvt bengkelsepedamotorPERHATIAN: Tulisan diatas merupakan catatan pribadi bengkelsepedamotor, bukan cara atau petunjuk resmi dari produsen sepedamotor, jika ingin mencoba persiapkan peralatan yang baik, jaga keselamatan saat bekerja untuk diri sendiri dan juga orang lain disekitar anda.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

7 thoughts on “Mengganti Belt Skutik

  1. Wuasem…..baru sadar, saya bikin penahan puly nya kurang tepat. Saya bikinnya pake plat, dibikin “Y” yg saya las mati, jadi hanya bisa untuk satu jenis motor. Besok bikin lagi yg ajustabel kayak punya mas Imam ah, biar bisa universal. Ijin jiplak alatnya ya Mas, trims

  2. kalo skutik suka bunyi berdecit kayak ada tikusnya itu kenapa ya mas?🙂

    saya masih takut pake matic gara-gara suka ada suara gitu. bikin mau euy dijalan pas akselerasi😀

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s