Pasang Knalpot RACING

bengkelsepedamotor knalpot racing

Knalpot adalah saluran buang gas sisa pembakaran mesin, selain mengantarkan gas sisa pembakaran keujung belakang sepedamotor ternyata knalpot juga mempengaruhi tenaga mesin.

Mesin oleh pabrikan sepedamotor dirancang satu paket, mulai dari: Diameter dan Langkah Piston – Saluran masuk udara – Filter udara – Throttle body/Karburator – Katup masuk – Profil Camshaft – Katup buang – Knalpot (Pipa buang & Peredam Suara).
Pabrikan Sepedamotor merancang satu paket ini berlandaskan: Target pengunaan Sepedamotor, prioritas utama adalah sepedamotor sebagai alat transportasi, bertenaga, irit bahan bakar, harga bersaing.
Selain itu sepedamotor yang dibuat juga harus sesuai aturan pemerintah setempat dimana sepedamotor dipasarkan, baik secara aturan non teknis: bea masuk, pajak, garansi purna jual, dll. Secara teknis sepedamotor harus memenuhi aturan keselamatan: ada lampu-lampu; utama, rem, isyarat belok, semua diatur baik kekuatan cahaya/watt dan posisi peletakannya, makanya walaupun model sepedamotor sport fairing lampu isyarat belok/sein tetap harus menonjol keluar.
Kontrol emisi gas buang EURO, sekarang Pemerintah Indonesia melalui Dinas Perhubungan sudah menerapkan standar EURO3 , yang sekarang makin tinggi standarnya dibanding EURO2, pabrikan harus menguragi jumlah racun yang dikeluarkan dari knalpot, produksi sepedamotor dengan mesin 2 langkah makin berkurang, dan mesin 4 langkah juga beralih dari sistem asupan bahan bakar karburator ke sistem Injeksi.

Sekarang bagaimana keinginan konsumen ? Sepedamotor keren: tanpa spakbor belakang, lampu sein rata fairing (tidak ketahuan mau belok kemana), bertenaga besar, suara knalpot besar.

Ganti Knalpot RACING

Ganti knalpot baik Slip-On yaitu ganti bagian ujung peredam suara saja maupun Full System yaitu dari pangkal yang terpasang dikepala silinder sampai ujung peredam suara, adalah bertujuan meningkatkan penampilan karena bahan knalpot racing lebih bagus dari knalpot standar, stainless steel, titanium, karbon, dll.

Pbengkelsepedamotor.comenampilan meningkat, suara lebih besar sedikit (pemakaian masih dijalan raya umum), power to weight ratio lebih baik walau tenaga mesin tetap, karena berat knalpot pengganti lebih ringan dari knalpot standar.
Tenaga mesin meningkat? belum tentu. Test dyno? belum perlu, buka saja busi lihat warnanya bandingkan saat masih knalpot STD dengan knalpot Racing, baik karburator maupun injeksi sama koq, warna busi coklat muda/bersih itu tandanya mesin bertenaga, pembakaran baik.
Oh iya knalpot racing juga membatalkan garansi sepedamotor dari pabrikan, karena garansi adalah sesuai dengan rancangan SATU PAKET penggunaan sepedamotor tersebut diatas.

bengkelsepedamotor muffler
ProSpeed Shark Muffler

Penggantian knalpot racing untuk menghasilkan tenaga mesin yang lebih baik harus digabung dengan penyetelan sistem bahan-bakar, mengganti ukuran jet (spuyer) atau setting sistem injeksi, baik piggyback maupun stand-alone ECM.

Perhatikan ini (lebih coklat lagi sedikit, cakep):

bengkelsepedamotor busi bagus

*Knalpot Racing yang dimaksud dalam tulisan ini adalah semua knalpot non standar Pabrikan Sepedamotor.

Salam,
bengkelsepedamotor (kiriman piggyback untuk R25 dalam perjalanan)
logo

17 thoughts on “Pasang Knalpot RACING

  1. Mas, , klo saya baca2 dikoran otomotif2,, knalpot bisa naikin power Engine, ,bener ga? Klo bener alasannya bisa dijelasin g?.
    Karna banyak banget claim ganti knalpot ini bisa naik power segini, ganti knalpot itu bisa naik power segitu! *knalpot racing

  2. Itu dari sisi teknis. Dari sisi hukum, knalpot aftermarket belum diuji tipe, krn itu Polisi berhak menilang, entah knalpot itu brisik atau nggak.

  3. mending jangan pakai knalpot racing dah di jalan umum. pengalaman gw, pernah hampir diserempet taxi gara2 mw nyalip lewat sisi kanan. pengemudi taxi nya emosi kali denger suara knalpot yg berisik. selain itu, knalpot racing bikin mesin cepet panas..

  4. selain suara yg mengganggu, tampolan udara panas kemuka pengendara di belakang itu lebih banyak menimbulkan dosa apalagi kalo jalan macet……

  5. Great post. I was checking continuously this blog and
    I’m impressed! Extremely useful info specifically the last part🙂
    I care for such information a lot. I was looking for this certain information for a long time.

    Thank you and good luck.

  6. Mas Bro,, ane mau tanya donk..
    Klo R15 di ganti knalpot racing, bisa di ganti yg Slip On gak yaa?
    Apa harus Full System?
    Thanks sebelumnya

  7. statemen2 disini aneh, “Test dyno? belum perlu, buka saja busi lihat warnanya bandingkan saat masih knalpot STD dengan knalpot Racing, baik karburator maupun injeksi sama koq, warna busi coklat muda/bersih itu tandanya mesin bertenaga, pembakaran baik.
    Oh iya knalpot racing juga membatalkan garansi sepedamotor dari pabrikan, karena garansi adalah sesuai dengan rancangan SATU PAKET penggunaan sepedamotor tersebut diatas.”

    power dilihat dari warna busi? lah power dilihat dari hasil dyno bos! kalau motor std dikasih knalpot racing sudah tentu power naik. ingat, knalpot racing bukan judulnya knalpot “abal-abal”. knalpot racing tujuannya menaikan debet flow udara yang keluar sehingga lancar, dibandingkan knalpot std yang terhambat karena catalyzer yang meliut-liut sehingga pembuangan asap lebih baik. ibaratnya kalau kita niup sedotan ditutup sama jari sama dibiarkan plong enak mana? tapi, besar dari pipa tersebut harus menimbulkan kompresi sehingga debet udara yang keluar tidak teralu plong. makanya knalpot racing mahal, kenapa? dibutuhkan riset untuk membuat knalpot untuk tiap motor.

    power dilihat dari busi? coba deh ganti knalpot2 bermerek, jangan yang kw kw atau imitasi plagiat. coba beli merk beneran racing. mau injeksi atau karbu tanpa setting karbu atau setting CO juga udah ketauan powernya naik, coba di dyno kalo ga percaya🙂 tujuan setting karbu atau injek (dengan piggyback/ecu standalone) adalah memaksimalkan tenaga yang dapat dihasilkan oleh motor dengan settingan sedemikian rupa.

    mungkin agan sebelum kasih opini silahkan belajar dulu sama sesepuh2 yang udah ikut balap baru berani post, daripada post anda disini dicemooh🙂

    komen saya jika saya salah, email saya jika perlu😀

  8. dan 1 lagi, sudah ada pabrikan yang menyediakan motor brand new dengan knalpot aftermarket. sehingga itu tidak akan mengganggu garansi. untuk penggantian knalpot sendiri? iya.

    pikir lagi jika mau memakai knalpot racing, karna judulnya “racing” yang artinya siap tanpa garansi, utak atik sini sana dan rela kalau motor waktu ngebut jatuh. kalau pelan-pelan pakai knalpot racing perlukah? gaperlu bro, pelan-pelan juga motor lama bisa. kalau mau kenceng ngebut aja di tempat yang bener, sirkuit/jalan resmi baru pakai knalpot racing. trims

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s