Shift Light pada sepedamotor

bengkelsepedamotorShift light adalah alat tambahan berupa lampu yang akan menyala, menyorot ke arah pengendara, dipasang untuk mengingatkan kapan pengendara harus memindahkan posisi gigi transmisi ke yang lebih tinggi. Saat penyalaan shift light dapat diatur pada putaran mesin berapa, sesuai kebutuhan lihat buku petunjuk pemilik sepedamotor.

Contoh, pada awal sepedamotor baru, shift light di set pada putaran mesin 5.000 rpm tujuannya adalah karena mesin masih baru, dalam tahap break-in jadi putaran mesin dijaga jangan masuk putaran tinggi dahulu, 5.000 rpm pindah naik ke posisi gigi lebih tinggi hasilnya putaran mesin turun. Setelah mesin melewati masa break-in 800km atau sesuai buku petunjuk pemilik sepedamotor, lakukan servis pertama, ganti oli filter, ganti oli mesin, periksa keseimbangan throttle body agar kerja mesin seimbang – berlaku untuk mesin lebih dari satu silinder.

bengkelsepedamotorNah baru sepedamotor dapat mengeluarkan tenaga sepenuhnya, shift light biasanya diset pada saat kurva puncak tenaga mesin sudah lewat sedikit (HP) sehingga pindah gigi transmisi berikutnya pas, tenaga mesin tetap penuh masih diatas kurva torsi maksimal. Pengaturan saat menyala shift light dipengaruhi jenis transmisi closed ratio, situasi jalanan/sirkuit, kalau dijalan raya umum sebaiknya diatur saat kurva torsi lebih sedikit, shift light menyala, tidak usah sampai putaran mesin mencapai tenaga-HP maksimal baru pindah gigi transmisi.

Video berikut contoh shift light sepedamotor menyala pada putaran mesin 7.000 untuk pemakaian jalan raya, limiter masih jauh diatas, pola kedipan 6 titik lampu biru juga bisa dipilih sesuai keinginan pengendara, hati-hati saat berkendara malam jangan kaget kalau tiba-tiba ada lampu menyorot kearah muka, oper gigi Bro…
tidak usah lirik top speed, fokus tetap pada jalan didepan anda

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

5 thoughts on “Shift Light pada sepedamotor

  1. kalo sayah tipikal yg gak tega denger mesin meraung baru oper gigi… kebiasaan shift gear di 4000an, 6000an kalo pas riding di jalan antar kota yg lempeng… dasarnya emang rider alon😀..
    kalo menurut mas gimana, ada efek negatif nya nggak shift gear di rpm yg rendah2 gitu?

    Tinggal rasakan kalau pindah gigi dirpm rendah tapi tenaga mesin tetap kuat, masih OK.
    Sekali-sekali mesinnya diajak meraung, buat buang kerak karbon.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. Salam kenal mas.
    Saya ttipe orang yg selalu shift gigi d rpm atas kadang malah menyentuh limiter.
    Efek mesin jangka panjang gimana ya..?
    Motor saya nvl.
    Trimakasih

    Memang lebih bagus pindah gigi pada rpm tinggi saat pindah ke posisi gigi berikutnya mesin tidak berat, jangan sampai kena limiter. Tidak ada efek buruk pada mesin.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s