DOHC adalah mesin mahal

bengkelsepedamotorSepedamotor bergerak karena roda belakang mempunyai tenaga untuk berputar, tenaga putar ini didapat dari mesin. Didalam mesin ada komponen-komponen yang bekerja untuk menghasilkan tenaga PUTAR. Karena tujuan akhirnya adalah gerak putar, maka mesin yang paling baik adalah mesin rotary dengan siklus Wankel, sayangnya mesin ini mahal biaya pembuatan maupun perawatannya, tidak cocok untuk sepedamotor sehari-hari, Hercules W2000, Suzuki RE5 adalah contoh sepedamotor dengan mesin rotary.
Mesin atau motor bakar yang lebih ekonomis dan lebih mudah perawatannya adalah mesin dengan siklus Otto, kekurangannya ada komponen mesin yang tidak bergerak putar, ada komponen yang bergerak bolak-balik yaitu piston dan setang piston-connecting rod.

Piston bergerak bolak-balik, bergerak, berhenti, balik arah, bergerak, berhenti, balik arah, bergerak, berhenti, balik arah, ini tidak bagus untuk menghasilkan tenaga putar, roda belakang sepedamotor berputar tidak pernah berhenti, kecuali ada keperluan. Piston disambung dengan setang piston untuk terhubung dengan kruk as-crankshaft. Crankshaft merubah gerak bolak-balik piston menjadi gerak putar, HOREE akhirnya kita mendapat tenaga putar dari mesin, untuk memutar roda belakang.

Mesin DOHC Double Overhead Camshaft adalah salah satu tipe mesin 4 langkah yang dibuat dengan tujuan mengurangi komponen yang bergerak bolak-balik, pada mesin ini yang bergerak bolak balik tinggal piston, setang piston, dan klep (3 komponen). Tipe SOHC masih ada tambahan pelatuk klep-rocker arm (4 komponen) yang bergerak bolak-balik, pada tipe OHV masih ditambah lagi push rod (5 komponen) yang bergerak bolak-balik. Tipe mesin SV (Side Valve) beda dari tiga tipe disebut diatas, karena klep dipasang disamping piston, komponen yang bergerak bolak balik sama seperti mesin DOHC tetapi kubah ruang bakar tidak bisa dibuat untuk perbandingan kompresi tinggi, efisiensi mesin rendah, sekarang mesin tipe SV hanya dipakai pada mesin statis, seperti generator.
Kesimpulan DOHC adalah tipe mesin empat langkah yang mampu menghasilkan tenaga putar paling baik, putaran mesin makin tinggi sama dengan putaran roda belakang makin cepat, maka sepedamotor dengan mesin DOHC ….. laju.

bengkelsepedamotor honda dream 50cc
50cc (limapuluh sese) DOHC tidak ada masalah.

DOHC tetap bagus walaupun untuk kapasitas mesin kecil, yang jadi masalah mungkin adalah harganya, sepedamotor 50cc koq harganya segitu, maaf DOHC memang mesin mahal, dan untuk pengendara-pemilik sepedamotor yang ngerti cocok saja.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

50 thoughts on “DOHC adalah mesin mahal

  1. mau DOHC atau SOHC semua tergantung gear ratio di dalam box mesin. itu yg juga krusial dalam menentukan power dan torsi

  2. ini artikel temanya apaan bro? Maap kalo sy orang awam alias o’on, sy kgk ngerti soalnya ada kata mahal, bolak-balik, mengurangi putaran. Mungkin bs lbh dijelaskan secara detail cara kerja & plus minusnya.

    Wah sudah banyak Mas Petruk yang menjelaskan ini-itu tentang DOHC silahkan google, dari saya sederhana saja, untuk kapasitas mesin/cc yang sama DOHC = kencang (karena putaran mesin lebih tinggi) dan lebih mahal dari tipe mesin lainnya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  3. foto diatas, motor 1 silender, dohc, dengan 2 exausht, busi berada di tengah–mirip suzuki thunder 250.
    rem pakai disk brake depan belakang, jangan-jangan pakai efi juga.
    motor apa ini mas?

    Fotonya HONDA Dream 50, mesin 50cc DOHC, 5-speed masih karburator. Untuk yg versi R cuma untuk sirkuit, pakai transmisi 6-speed close-ratio gears.
    Replika dari RC110 Grand Prix 50cc tahun 1962, sudah DOHC, dan punya transmisi sampai 9-speed (Wikipedia RC-110)

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  4. sy semakin ngerti mesin malah makin selektif cari tunggangan😀 maunya yg efisien, irit tapi bertenaga, untung untung dapat yg murah tp berkualitas.
    apapun type mesinnya masing2 pasti ada kelebihan dan kekurangan, tinggal pilih sesuai kebutuhan kalo memang ngerti🙂

    SETUJU, pilih sesuai kebutuhan.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  5. pembodohan masive. coba honda mobilio masih pake sohc indian chief masih sohc. semua yg beli.kendaraan diatas mengerti mesin. mereka beli bukan hanya mesin saja tapi fungsi dan sesuai kebutuhan.

    SETUJU, beli sepedamotor dengan mesin yang sesuai kebutuhan dan dana yang ada, ini baru ngerti.
    Indian Chief kalau yang lama pakai mesin Side Valve, kalau Indian Chief yang mesin Thunder Stroke 111ci, mesinnya Over Head Valve, belum ada yang SOHC.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  6. Maaf sebelumnya kok artikelnya kayak nggk berbobot banget ya, padahal ngakunya bengkel. Yg nentuin mahal atau murahnya bukan dohcnya, tapi teknologi mesinnya mas, jangan terkesan seperti pembodohan otomotif. Honda jazz sohc diadu sama yaris dohc. Kira2 menang mana? Liat aja balapan turing sentul isinya jazz semua. Yg nentuin mahal murahnya itu teknologinya. Walaupun jazz sohc tapi dia pake vtech yg diatas kertas masih diatas teknologi vvti toyota. Jangan ngeliat mesin dari dohc nya aja jadi mahal. Mesinnya dohc tapi material mesinnya abal2 toh buat apa. Rpm tinggi mesin rontok karena kualitas material yg nggk mumpuni. Yg menetukan sebuah mesin itu mahal bukan karena dohcnya.tapi meliputi teknologi, kubikasi, material yg digunakan.

    Terimakasih Mas Radit sudah mau berkomentar dan meluangkan waktu untuk menulis komentar yang panjang di artikel yang nggak bebobot banget.
    Iya saya orang bengkel, bukan orang marketing yang pakai dasi, pegang komputer juga jarang (tangannya kotor banyak oli).

    Saya nggak ngerti mobil juga belum punya mobil, bagaimana kalau Jazz SOHC VTEC diadu dengan Jazz DOHC VTEC pasti harga Jazz DOHC VTEC lebih mahal dan lebih kencang.

    DOHC juga sebuah teknologi, saat DOHC belum ada, cukup disebut mesin OHC-Overhead Camshaft, karena tipe yang lain cam nya masih dibawah head, OHV & SV, setelah DOHC lahir maka OHC dapat nama baru yaitu SOHC.

    Semoga tulisan bengkelsepedamotor ini cuma terkesan sebagai pembodohan otomotif tapi bukan, dan tulisan yang lain juga bukan pembodohan marketing😛

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  7. kalau dohc dan sohc dengan cc sama dan harganya hampir sama itu dohc yang kemurahan atau sohc yang kemahalan?:D

    Wah kalau itu tanya kebagian Marketing Bro, dari bagian produksi sih nggak dilebihin nggak dikurangin, sungguh.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  8. Nah karena itu mas. Saya sengaja nggk head to head dengan merk yg sama. Karena itu saya ngasih contoh yg berbeda. Bahwa yg menentukan sesuatu mahal atau murah bukan hanya sekedar dohc nya mas. Masih banyak variabel yg lain. Seperti yg saya jelaskan sebelumnya. Teknologi, kubikasi, dan material jga berpengaruh. Karena semua saling melengkapi. Dohc perlu vitech untuk menandingi mesin sohc vtech. Seperti itu maksud saya. Jadi percuma jga dohc dengan teknologi sederhana dan material yg tidak bagus. Karena tidak akan mengeluarkan performa yang sempurna

    Maksudnya bagaimana nih,
    DOHC dengan teknologi sederhana dan material yg tidak bagus adalah percuma, sekarang SOHC sudah pakai VTec semua ?

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  9. Komentatornya kok jadi lari ke merk, berarti fb dong…
    Ini kan perbandingan dohc dan sohc, tentu dgn asumsi semua hal lain setara, maka akan lebih bertenaga dohc. Mending yang belum paham minggir dulu deh. Baca yang bener, setelah paham baru komentar. Pergi ke warung sebelah saja kalau cuma mau ngotot2an sohc lebih kenceng drpd dohc. Kelasnya kalian masih fb, jadi artikel ringan spt ini akan terlalu berat utk kalian.

    Sabar Pakde Joko,
    nggak apa-apa ada yang mau mampir silahkan, (kalau mau nakal pas Pakde Joko lagi pergi)

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  10. Sabar ya om,,
    Komentatornya banyak yang terlanjur kecemplung di perang 150cc atau 1500cc😀
    Jadi sensitif baca tulisan DOHC.. wkwkwkwk
    Ngomongin DOHC jadi diartiin CBSF vs NVL atau Jazz vs Yaris😀

    Nice artikel om.. ditunggu artikel yang lain tentang permesinan

    Terimakasih Mas,
    Sabarnya saya bagi ke Pakde Joko.
    Untuk artikel baru sabar yah…

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  11. haha..betul mas..joko…, ni artikel camilan utk menungso… tertentu (montir contohnya…), mau teknologi dr alien ato dr jaman empu gandrung made in guangzho ato made in bologna……dohc tetep muahal , …..kan sudah ada faktor pengalinya….D(double) didepannya…biarpun 1 cilinder yo..tetep double…,apalagi banyak silinder…wesss..siap kan dompet doubel-mu….hiihihihi., kami siap reparasi dengan ongkos double…,salam montir dobel….

    Saya nulis buat semua,nggak pilih-pilih, supaya semuanya dobel rejeki.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  12. klo dengan pikiran jernih, dan ditelaah secara dasar, memang tak bisa dipungkiri, DOHC pasti lebih unggul dari SOHC, kalo semisal ada SOHC yang bisa lebih unggul dari DOHC, tentu SOHCnya bukan dengan spec sutandariyahnya, ataupun DOHCnya sudah kadaluarsa part jeroannya, sehingga mudah dikepretin SOHC. tapi klo sama2 sutandariyah, sama2 dalam kondisi fit, kok ada DOHC yg kalah powernya sm SOHC, berarti orang tersebut sedang kurang beruntung sahaja (bahasa prokemnya “krn belum kramas”), kwkwkwkwkw…:D Tapi, untuk mesin high performance, tidak bisa dipungkiri pasti akan memakai DOHC lah, CMIIW….:D

    🙂 Saya botak Mas, jarang keramas nih.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  13. Karena saya suka mesin jadi saya nggk fanatik sempit mau itu dohc atau sohc maupun ohv. Bagi saya mesin itu harus dilihat secara keseluruhan bukan sebagian. Karena itu saya ngasih contoh mobil supaya netral. Ini kan blog motor. Saya jga nggk punya jazz atau yaris kok om. Untuk mengetahui sesuatu, nggk harus memiliki kan. Masa iya untuk tau teknologi desmodromic saya harus beli ducati. Kembali lagi mesin harus dilihat secara keseluruhan bukan per part. Maaf yah bro klo perkataan saya ada yg bikin tersinggung.

    Terimakasih Mas Radit,
    Wah kalau contohnya mobil dua merek ya belum netral, apalagi dari balapan di Indonesia. Kalau dari balapan, dulu di sirkuit Ancol ada balap sepedamotor mesin 2 langkah (namanya juga dulu) ada sepedamotor 135cc kalah dari sepedamotor 125cc😀

    Kalau mau netral lihat sejarah mesin TOYOTA seri G di wikipedia, evolusi mesin 2000cc dari mulai SOHC, DOHC VVT-i, turbocharged, supercharged, satu merek, satu pabrik (sayang belum sempat buat yang SOHC 4 klep/silinder)

    Saya cuma nulis dasar pengaturan buka tutup klep, sama sekali buat saya tidak tersinggung, kita belajar sama-sama, terimakasih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  14. semakin panjang lebar nulis di komentar…semakin keliatan (apanya yaa??😀😀 ) …
    #ups…jadi nyolot…😀😀

    Yang nulis artikel makin kelihatan botaknya (faktor U)

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  15. foto honda dream diatas, ruji-ruji velgnya diatur persis ruji-ruji velg win 100 milik Mas Imam.

    Iya kan ? (langsung pakai kacamata plus)
    Terimakasih Mas Fahmi.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  16. Busyet! Mahalnya sak piro ya🙂

    Kok bisa seharga yang sama dengan SOHC. Apa ada downgrade sana sini?

    Atau SHOC mesinnya yang jadul, tapi yang lain canggih jadi mahal seperti DOHC???

  17. Saya jadi bingung sama Mitsubisi Pajero dari DOHC ke SHOC sekarang??? Mahal dari fortuner toyota yang DOHC lagi. Kasus vixion vs cbsf nih😀

  18. Saya setuju kok akhirnya DOHC canggih dan mahal. Dalam prinsipnya begitu. Dalam pengembangannya bisa jadi setara 11-12. Tapi DOHC tetap unggul sebagai mesin efisien karena untuk laju😉

    KALO tidak laju. Cmiwww semua sepakat canggihan SOHC yang dipakai😉

    Kalo LAGI hanya statis. Cmiwww semua sepat lebih canggih OHV yang dipakai. Soalnya pakai DOHC di mesin genset = ketidak efesienan = pemborosan duit & BBM.

    Jadi canggih dan mahal itu kalo letaknya pas memang bagus. Kalo letaknya salah bisa hasilbya sama aja dan sia2😉

  19. Karena saya tau kenapa DOHC itu mahal. Ya karena komponen dan bobot kompenen buanyak dari SOHC, maka dari sisi harga produksi memang muahal. Kalo murah waspadalah😉

    Atau ada yang ngambil untung kebanyakan ?
    SOHC nya nggak bisa kurang lagi Bang ? (kalau boleh nawar)😛

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  20. Heheh sebenernya yg saya maksud bukan dibalap. Itu cuman sebagai contoh. Karena di balap touring nasional kelas itu mesinya hampir dalam kondisi standar. Dalam keadaan standar pun power output kedua mesin itu berbeda jauh sekali. Yg satu 125 hp dan 109hp on crank.

  21. apakah ada ya…yg merancang mesin dengan perpaduan teknologi sohc dan dohc? artinya cam single tetapi komponennya seperti dohc.. minus rocker arm. ( diluar teknologi rotary ato desmo )..

  22. @raditz43
    Maksud mas bengkel sepeda motor : Kita hanya bicara mesin, jangan menyangkut pautkan anta teknologi lain spt vtech, vvti etc. Dengan material yang sama, biaya pembuatan mesin DOHC lebih mahal dari SOHC.

  23. yg di mmaksud putaran tinggi apa sih?

    dohc limit 10.000
    sohc lilit 10.000

    yg putaran tinngi yg mana?
    kalo buat harian tenaga puncak 8.500rpm ngapain harus di putaran 10.000
    toh speed juga sama, lebih boros iya

    kalo mahal kok malah gak efisien

    sohc bahan titanium vs dohc bahan besi = mahal mana?
    kalo satu paket mobil/motor apa bisa di ukur dari sohc dohc saja?

    apa goldwing juga suatu aib kok di jual ultra mahal?

  24. @Mas Raditz

    Weleh…ente melek mesin tp kudu lebih paham dulu maksud dan tujuan si penulis ya…Maksudnya yg di bahas toh ga sampe ke tehnologinya, tapi basic dasar enginenya. Klo emang tehnologi, VTEC sm VVT-i aja udh beda cara kerjanya..tul ga mas..Nah, mending cb di resapi dulu yg dalem maksud mas bengkel sepeda motor yg tertulis di mari..ok?

  25. @aku bukan pahlawan berwajah tampan,
    sayap ku pun terbakar…

    sohc bahan titanium vs dohc bahan besi
    = mahal mana?

    mengutip kata mas devil ni :
    ‘Maksud mas bengkel sepeda motor : Kita
    hanya bicara mesin, jangan menyangkut
    pautkan anta teknologi lain spt vtech,
    vvti etc. Dengan material yang sama,
    biaya pembuatan mesin DOHC lebih
    mahal dari SOHC.‘
    jadi perbandingan mahalnya tu dengan material yg sama, bukannya yg satu ditambahin emas permata, namanya aja double jadi ada dua, dan dua lebih mahal dari pada satu

    yg putaran tinngi yg mana?

    karena klepnya double masuknya bbm lebih banyak daripada yg single, jadi waktu rpm tinggi mesin gak kurang bbm, masalah peak powernya dirpm berapa tuh bukan faktor DOHC/SOHC nya tapi lebih ke panjang stroke nya
    CMIIW

    kayaknya fb vixion nih, tenang motor lo klepnya juga double-double kok walaupun cam nya single, motor saya juga gitu walaupun bukan vixion, ayo tebak apa motor saya

  26. Jelas dohc lebih mahal, dari visual head dohc lebih gede dari sohc. Kalau dikilo lebih berat.

  27. *DOHC itu mahal, kalo ada pabrikan bikin motor DOHC tp harga murah berarti……? Kualitas dikorbankan? Atau?

    *motor jadul udah DOHC, padahal teknologi DOHC baru dikembangkan akhir tahun 1990an……..

  28. permisi om ikut nimbrung, cbr250 itu dohc tapi pake rocker arm itu tujuanya biar apa ya om? mohon pencerahannya “newbie”

  29. Om Bengkelsepedamotor,

    1. Perbandingan rugi2 antara beban memutar camshaft kedua di DOHC dan beban rokcer arm di SOHC digeneralisir berapa ya?

    2. Apa yang menjadikan limit RPM SOHC lebih rendah, apa karakter kereta rangkain rocker arm itu sendiri?

    matur suwun…

  30. Ha…ha…a raditz43 orang ini nggak bisa baca.

    Baca dong ini artikel tentang perbandingan type mesin, bukan merk. Stuffp ….. id bangeut sich lu….!

  31. intinya efisiensi ,jadi kendaraan yg sudah mencukupi kebutuhan tujuan tranfortasi adalah mestinya yg dipakai misalnya kendaraan buat kerja yang paling murah perawatan dan pembeliannya seperti honda prima bekas.tapi bila untuk hiburan dan perlombaan ceritanya akan panjang.

  32. Halo mas penunggu blog( maaf nda tau namax) hihihi…
    ak mau nnya pengapikasiaan roker pada cbr 250 itu apakah sgt berpengaruh terhadap kemampuan mesin tersebut yg kita tahu telah mengaplikasika sistem katup DOHC
    kira2 – nya apa yah mass. ak sungguh penasaran mas knapa honda menambahkan part ini di clan dohc nya. mohon di beri pencerahan yo mas

  33. tenang” pengguna vixion part mesin sohc kalian paling mahal coz terbuat dari berlian makannya yg pada punya bongkar jual ktoko mas terdekat hahay_^ klo ga jual kbengkel balap mahal bener tuh mesin lihat dkatalog yamaha angkanya banyak bener…..

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s