Tinggi permukaan oli

bengkelsepedamotor triumphMesin sepedamotor sudah diganti oli rutin, misalnya sebulan sekali, sudah cukup ? belum. Selain perlu penggantian oli secara berkala oli mesin juga perlu diperiksa setiap pagi, lakukan setiap hari sebelum mesin sepedamotor dihidupkan. Ada model yang dilengkapi dengan jendela intip (biasanya ada pada sisi kanan mesin), tinggal tempatkan sepedamotor pada permukaan datar, standar samping, lihat tinggi permukaan oli saat sepedamotor ditegakkan, harus berada diantara garis minimum dan garis maksimun.

Bentuk pengukur tinggi permukaan oli yang paling umum digunakan adalah batang pengukur-dipstick yang sekaligus juga berfungsi sebagai tutup lubang tempat mengisi pelumas mesin. Berbentuk batang yang dicelup, kemudian dilihat seberapa banyak bagian yang basah terkena oli, ini mewakili tinggi permukaan oli dalam mesin, selain itu juga dapat diteliti secara langsung kualitas oli, masih cukup baik atau sudah hitam pekat, waktunya ganti oli lagi.

bengkelsepedamotor  Service Manual HONDA Vario Techno 125 PGM-FI
Sumber: Service Manual HONDA Vario Techno 125 PGM-FI

Cara pemeriksaan: Tempatkan sepedamotor pada permukaan datar dengan standar samping, buka dan bersihkan ujung dipstick pada posisi yang basah oleh oli mesin, masukkan kembali tanpa memutar ulir dipstick, tegakkan sepedamotor dengan hanya bertumpu pada roda saja, periksa bagian yang basah terkena oli mesin, harus berada diantara garis minimum dan garis maksimun.

Dengan memeriksa dan menjaga tinggi permukaan oli yang sesuai maka mesin sepedamotor akan bekerja maksimal. Cara ganti pelumas mesin sepedamotor ada disini.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

13 thoughts on “Tinggi permukaan oli

  1. Bukannya dibuku manual, motor distandar tengah dan perlu dipanasin dan didiamkan sebentar..

    Betul, dibuku manual yang saya baca juga begitu, standar tengah & dipanaskan dahulu.
    Saya pilih pagi sebelum mesin hidup, jadi yakin ada oli mesin dengan tinggi permukaan yang sesuai baru mesin dihidupkan.
    Kalau standar tengah, saya pilih tegakkan sepedamotor dengan tumpuan ban saja (memang lebih repot) karena ada sepedamotor yang sudah ganti ukuran ban, naik-turunkan suspensi, tidak punya standar tengah, tetap yakin level oli sesuai ukuran dipstik, dengan kondisi sepedamotor bertumpu pada ban saja, level oli benar saat sepedamotor dijalankan, saat standar tengah sudah dinaikkan.
    Terimakasih atas perhatian dan komentarnya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. sip, untung motorku dah ada kaca intipnya..

    Sip, sepedamotor desain modern memang harus punya jendela intip, mantap.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  3. Bukannya dipstick dibuka, lap ujungnya, masukkan lagi tanpa diputar, baru dilihat ketinggian oli? Tentu setelah sedikit dipanasi.

    Iya Mas Joko, saya bersihkan dahulu ujungnya, mau pakai lap boleh, mau dipanaskan dahulu juga boleh, kalau saya pakai sepedamotor tua, jadi harus yakin dahulu ada oli mesin dengan tinggi permukaan yang sesuai baru berani hidupkan mesinnya.
    Terimakasih buat masukkannya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  4. maksudnya mas ini standar samping cuma digunakan saat buka tutup oli aja. ngukurnya dalam keadaan tegak tanpa standar apapun. begitu?

  5. Banyak yg mengabaikan hal ini,bahkan pernah ada orang mau ganti oli ditempat saya,saat di tap olinya cuman paling setengah gelas,,paraah..

  6. Achmad Sya’roni F berkata:
    20 Februari 2014 pukul 3:51 AM

    susah ngecek pake jendela intip. yang pasti pake dipstick
    ===================================================
    Kalo udah ada jendela intip kan nggak ada lagi tu dipsticknya ?

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s