Mencoba New Megapro PGM-FI

bengkelsepedamotor nmp pgm fi 01Tidak terasa sudah 3 tahun lebih sejak bengkelsepedamotor mencoba New Megapro versi karburator Agustus 2010. Seiring dengan peraturan emisi gas buang yang makin ketat maka produk baru sepedamotor di Indonesia saat ini sudah harus lolos aturan emisi Euro3, kalau tidak lolos maka sepedamotor tidak mendapat sertifikat laik darat dari Dinas Perhubungan Darat, tidak boleh digunakan dijalan umum dalam wilayah kedaulatan Republik Indonesia. Untuk sepedamotor lama bagaimana ? sepedamotor lama pasti juga sudah mempunyai sertifikat pada saat sepedamotor tersebut pertama kali keluar dan diuji. Selama tidak ada perubahan mendasar dari model yang sudah didaftarkan maka Sertifikat Uji Laik Darat yang ada tetap masih berlaku.

bengkelsepedamotor nmp pgm fi 02New Megapro PGM-FI memiliki cukup banyak perbedaan dibanding versi karburatornya, selain pasokan bahan bakar yang sudah tentu menggunakan injeksi bahan bakar PGM-FI paten HONDA. Beberapa bagian penyempurnaan yang nampak langsung adalah perubahan pada bagian lengan ayun, tangki, footstep belakang model gantung, dan moncong knalpot yang memiliki lubang ditengah, nah ini salah satu yang bengkelsepedamotor suka, kalau bentuknya bulat ya moncongnya jangan asimetris kiri-kanan, kalau atas bawah masih OK.
bengkelsepedamotor nmp pgm fi 03Ada juga penambahan saklar PASS untuk mengaktifkan sesaat lampu jauh, memberi tanda untuk mengendara didepan, jadi tidak selalu menggunakan klakson, semua tombol ditempatkan dan difungsikan dengan ibu jari, telunjuk dan teman-teman jari kiri yang lain konsentrasi untuk mengoperasikan tuas kopling. Sedangkan pada bagian kanan hanya ada satu tombol yaitu untuk motor starter, lampu depan selalu menyala, bentuk saklar juga termasuk yang diatur dalam teknis rancang bangun sepedamotor tidak cuma emisi gas buang saja. bengkelsepedamotor nmp pgm fi 04Kabel gas ada dua dengan sistem pull & pull, tarik untuk membuka gas dan tarik untuk menutup gas, sebetulnya gas dapat menutup sendiri karena ada per pembalik katup gas, namun untuk keamanan jika per pembalik tidak berfungsi maka masih ada kabel gas yang dapat menarik katup gas untuk menutup. Selain faktor keselamatan yang sangat diperhatikan, kenyamanan juga, walaupun ujung setang polos tanpa balancer, getaran mesin sangat halus tidak sampai membuat pengendara cepat lelah karena gemeteran🙂

bengkelsepedamotor dan rekan-rekan blogger mencoba New Megapro PGM-FI di jalan dalam lingkungan Taman Mini Indonesia Indah, jalan mulus dengan beberapa bagian ada jalur rel kereta mini, variasi belok kiri-kanan, kadang pelan, akselerasi, cukup mewakili penggunaan sehari-hari kecuali macet, hasilnya New Megapro PGM-FI nyaman dan responsif.

sumber: OTORIDE didiknh.com
sumber foto: OTORIDE didiknh.com

Tenaga New Megapro PGM-FI lebih kecil (sedikit sekali) dibanding NMP versi karburator, jawabannya (versi bengkelsepedamotor), karena New Megapro PGM-FI harus lolos standar emisi EURO 3, maka PGM-FI harus diset untuk emisi gas buang yang lebih rendah lagi dibanding model sebelumnya yang hanya dikenakan standar emisi Euro 2. Emisi racun gas buang makin sedikit ramah lingkungan, Cinta PGM-FI, CINTA INDONESIA.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

bengkelsepedamotor nmp pgm fi 06 bengkelsepedamotor nmp pgm fi 07 bengkelsepedamotor nmp pgm fi 09 bengkelsepedamotor nmp pgm fi 08 bengkelsepedamotor nmp pgm fi 11 bengkelsepedamotor nmp pgm fi 10

5 thoughts on “Mencoba New Megapro PGM-FI

  1. Baguslah, saklar sein sudah dipindah ke bawah, orang akan cenderung kasih sein drpd bunyiin klakson. Saklar pass pakai jempol, orang juga akan cenderung tidak menggunakan klakson utk mendahului. Biar jalan raya makin adem dgn minimnya suara klakson.

    Setuju

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. Mas ..apakah injektor new cbr 150 bisa substitusi pake new megapro pgmfi..verza..atau cb 150 streetfire..makasih..maaf out of topic nanya nya..

  3. Bro. Apa kabel gas honda newmegapro cocok untuk ke cb150 ??. Gw pake stang tinggi ke cibi dan ganti kble fas tiger tpi kepanjangan kawatnya.

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s