KMO : Ganti Oli Mesin

bengkelsepedamotor kmo 0301Akhir bulan asik ada rejeki bulanan, jangan lupa sepedamotor juga perlu darah segar, mari kita ganti oli sendiri. Kita mulai praktek Kursus Mekanik Online, siapkan peralatan yang sesuai; Kunci soket dengan ukuran sesuai baut tutup oli, penampung oli bekas, alas koran bekas untuk mengurangi kotoran dilantai, bengkelsepedamotor, pulang sore, mesin masih hangat, siapkan peralatan jangan lupa oli mesin yang baru. Tempatkan sepedamotor pada permukaan yang datar dengan standar tengah. Tutup oli mesin (biasanya bentuk baut) dapat dengan mudah dikenali, posisinya dibawah mesin, dan berbeda dari baut-baut lain disekitarnya, baut mempunyai bibir yang tebal, dengan ring tembaga atau aluminium, jika sudah menemukan baut ini bayangkan dahulu arah keluarnya baut, arah jempol tangan kanan

bengkelsepedamotor kmo 0302

kemudian arah putaran kunci yang sesuai tempatkan penampung oli bekas dibawahnya, buka baut tutup oli mesin dan biarkan oli mengalir sampai habis. Tidak perlu meniup dengan udara bertekanan untuk membantu keluarnya oli.
Oli mesin tetap tidak akan terkuras sampai tetes terakhir, pasti masih ada yang tertinggal didalam mesin, oleh karena itu spesifikasi dalam buku petunjuk biasanya mencantumkan dua ukuran; kondisi penggantian oli berkala dan kondisi setelah belah mesin, kondisi setelah belah mesin pasti lebih banyak memerlukan oli.

PERHATIAN: Ada kemungkinan kita harus membuka baut ini saat mesin masih panas, kerjakan dengan hati-hati jangan sampai bagian tubuh terkena bagian mesin atau oli yang panas.

bengkelsepedamotor kmo 0303  bengkelsepedamotor kmo 0304

Sambil menunggu oli mengalir bersihkan baut tutup oli dengan ringnya, jika ada (seharusnya) ring tembaga/aluminium diganti baru, setelah oli mengalir habis, tutup kembali baut tutup oli keraskan secukupnya, dari posisi rapat, tambahkan sedikit putaran saja, 1/16~1/8 putaran.

Buka tutup pengisian oli mesin bagian atas, isikan oli sesuai kebutuhan mesin, biasanya ada tulisan petunjuk di bagian cover mesin, oli mesin sepedamotor umumnya dikemas dalam botol 800cc dan 1liter, perhatikan juga standar Oli yang harus digunakan SAE; (kekentalan) 10W40, 20W50, API; (grade) SF, SG, SJ dan JASO; JASO MA atau MA2 untuk mesin dengan kopling basah dan JASO MB untuk oli mesin yang tidak melumasi kopling seperti pada sepedamotor skutik.

Tuang oli bekas kembali kedalam botol oli yang sudah kosong, titip di bengkel sepedamotor terdekat yang memiliki drum penampungan oli bekas untuk didaur ulang, jangan mencemari lingkungan dengan membuang oli bekas sembarangan.

bengkelsepedamotor kmo 0305

Selesai, selamat anda sukses melakukan satu lagi perawatan sepedamotor anda sendiri. Berikut daftar kapasitas oli mesin pada sepedamotor yang ada dalam pustaka bengkelsepedamotor: bengkelsepedamotor_KMO_003

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

12 thoughts on “KMO : Ganti Oli Mesin

  1. Tambahan dikit, utk motor yg belum pakai roller rocker arm, jangan pakai api service yg tinggi. SJ cukup, lebih dari itu, malah anti ausnya kurang, kasihan camsaftnya.

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s