KMO : Merawat tekanan ban

bengkelsepedamotor kmo 0200Merawat sepedamotor tidak sulit asal mengerti dasar kerja dari sepedamotor. Dasar kerja sepedamotor merupakan kombinasi hukum dasar alam, fisika, kimia, elektronika, dan jika bisa ditambah kemampuan bahasa asing (Inggris) akan lebih baik lagi karena produk sepedamotor berasal dari luar Indonesia. Kemudian bagian yang paling banyak dari sepedamotor adalah pengikat, pengikat inilah yang dibuka (dan dipasang kembali) untuk melakukan perawatan.

Pengikat yang menyatukan sukucadang-sukucadang menjadi bentuk sebuah sepedamotor. Salah satu pekerjaan Mekanik sepedamotor adalah melepas dan memasang/mengganti sukucadang jadi harus membuka pengikat dan menguatkannya kembali dengan baik.

Pengikat yang paling banyak ada pada sebuah sepedamotor adalah yang berbentuk ulir, ada dua bagian yang saling berpasangan disebut baut (ulir luar) dan mur (ulir dalam). Baut/Mur memiliki bentuk, ukuran yang beragam, untuk membuka dan mengeraskannya diperlukan alat yang sesuai karena ukuran yang berbeda, bentuk kepala yang berbeda.

Kita belajar memutar untuk membuka-menutup dahulu agar pengikat ulir ini tidak salah putar, hendak membuka malah jadi makin keras, ada dua jenis ulir; ulir kanan dan ulir kiri.

Ulir KANAN : hampir semua pengikat ulir yang dipakai sepedamotor menggunakan jenis ulir kanan, secara mudah perhatikan gambar tangan kanan berikut,bengkelsepedamotor kmo 0205 jari jempol adalah arah gerak pengikat, empat jari yang lain adalah gerak putarnya. Berlaku sama untuk baut (ulir luar) maupun mur (ulir dalam).

Ulir KIRI : hanya sedikit pengikat yang dipakai menggunakan jenis ulir kiri, ada yang dipakai untuk tiang spion kanan, beberapa baut khusus bagian dalam mesin. Gunakan tangan kiri untuk arah pengikat dan gerak putarnya. Berlaku sama untuk baut (ulir luar) dan mur (ulir dalam).
Contoh umum: pedal kiri sepeda.

Kalau hendak memutar BAUT/MUR ingat jari-jari tangan kanan, arah yang ditunjuk jari JEMPOL, baru kemudian putar sesuai arah jari-jari TELUNJUK s/d KELINGKING.

bengkelsepedamotor kmo 0203

Kita mulai praktek Kursus Mekanik Online dari ulir yang dapat kita buka dan pasang tanpa memerlukan alat yaitu : tutup pentil (valve cap). Dengan memahami konsep jari tangan kanan, putar tutup pentil, cek tekanan ban sepedamotor sesuai lampiran berikut.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

9 thoughts on “KMO : Merawat tekanan ban

  1. jawabannya: jari-jari tangan kanan
    lengkapnya: Kalau hendak memutar BAUT/MUR ingat jari-jari tangan kanan, arah yang ditunjuk jari JEMPOL, baru kemudian putar sesuai arah jari-jari TELUNJUK s/d KELINGKING.

    Selamat Mas Fahmi pemenangnya !!! Hadiah akan dikirim, konfirmasi ukuran kuncinya ya.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. hahaha…
    udah keduluan ama si fahmi diatas.
    sayang ane telat buka email jadi ga tau kalo artikelnya terbit hari ini.😀

  3. Apakah ada tanda atau kode pada baut ulir kiri yang membedakan dengan ulir kanan?

    Biasanya tidak ada tanda, karena diasumsikan yang bakal membuka baut ini adalah mekanik yang mempunyai dan membaca buku panduan servis sepedamotor, kalau ada ulir yang bisa dilihat nampak perbedaan dibanding ulir kanan.
    Terimakasih.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s