Pelumasan rantai otomatis

scottoilerKali ini bengkelsepedamotor memasang alat pelumas rantai otomatis merek Scottoiler dari namanya cukup jelas, alat untuk memberi oli buatan Scotlandia. Scottoiler akan melumasi rantai saat sepedamotor berjalan.

Cara kerjanya
adalah saat mesin hidup akan terjadi kondisi vakum pada saluran masuk bahan bakar ke mesin, vakum ini digunakan untuk membuka katup pada tabung penampung oli rantai, dengan gaya tarik bumi oli rantai akan mengalir dan menetesi gir sproket belakang kemudian dengan kombinasi gaya sentrifugal dan kapiler, oli rantai akan meresap kedalam roller rantai dan melumasinya. Karena rantai dilumasi dengan baik maka daya mesin lebih efisien diteruskan ke roda belakang, mengurangi waktu untuk merawat rantai dan menurut klaim pembuatnya memperpanjang umur rantai sampai 7 kali lebih awet.

bengkelsepedamotor scottoiler vpipeSesuai petunjuk instruksi pemasangan yang sudah dibaca terlebih dahulu oleh bengkelsepedamotor, pemasangan diawali dengan mencari posisi pipa vakum pada saluran masuk mesin, untungnya pada model sepedamotor Triumph Bonneville T100 sudah ada, tinggal buka sumbat karetnya. Jika pada sepedamotor belum ada pipa vakum yang tersedia, maka harus dilakukan pengeboran untuk memasang dudukan selang vakum. Selang vakum Scottoiler dipasang dilubang vakum pada “karburator” sebelah kiri dibawah throttle position sensor, selang melewati bagian atas “karburator” menuju sisi sebelah kanan sepedamotor.

bengkelsepedamotor scottoiler dpipeLangkah berikutnya adalah memasang selang pelumasan yang dimulai dari sproket gir belakang. Dudukan selang adalah plat yang dipasang pada as roda belakang, posisikan selang sedikit menyentuh sproket, irisan miring pada ujung selang menghadap keluar dan posisi sentuh di sproket kira-kira pada posisi jam 7. selanjutnya selang diatur mengikuti lengan ayun, menuju tabung penampung oli RMV (Reservoir Metering Valve) hindarkan selang dari panas knalpot, alur rantai, gunakan penjepit selang yang disediakan dalam paket Scottoiler.

bengkelsepedamotor scottoiler rmvRMV dipasang pada pipa rangka sepedamotor dibelakang side cover kanan, atur selang dengan baik sebelum memotong dan menyambungnya dengan tabung penampung oli (RMV) pastikan selang tidak ada yang kejepit, tertekuk dan selang tetap bebas saat lengan ayun bergerak. Pasang dudukan RMV dengan menggunakan cable ties, pada pipa rangka, tabung penampung oli harus ditempatkan secara vertikal (miring sedikit boleh) agar oli rantai dapat turun dengan baik.

Setelah semua selang terpasang baik, isi tabung dengan oli rantai yang juga sudah disertakan dalam paket, lakukan pembuangan udara pada jalur selang oli, pastikan oli keluar pada bagian ujung tanpa ada gelembung udara dalam selang oli.

bengkelsepedamotor scottoiler rmv2 bengkelsepedamotor scottoiler dpipe2 bengkelsepedamotor scottoiler dpipe3 bengkelsepedamotor scottoiler dpipe4Setelah semua terpasang baik, pasang kembali side cover kanan, periksa ulang kekencangan mur as roda belakang, selesai.
Waktunya test ride, untuk menyetel jumlah pelumasan jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak, secukupnya. Triumph Bonneville T100 tahun 2012 sudah menggunakan EFI electronic fuel injection, lubang tempat selang vakum dipasang terletak sebelum skep butterfly sehingga vakum baru ada saat putaran mesin diatas 3000 rpm. Bentuk karburator hanya tampilan bungkus saja agar sepedamotor ini tetap kelihatan klasik tapi lulus Euro 3.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

11 thoughts on “Pelumasan rantai otomatis

  1. baru tau, bisa dipasang di semua jenis motor ga ya?

    Bisa asal ada rantai dan vakum.
    Terimakasih.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s