Fuel Injection vs Karburator

bengkelsepedamotor injeksi jetsTahun 2014 sebentar lagi kita jelang, setelah lebih dari 100 tahun mengabdi karburator akan menjadi kenangan. Sepedamotor baru yang diproduksi oleh pabrikan mulai dan hampir 100% menggunakan sistem Fuel Injection. Kenapa karburator harus berakhir dan digantikan oleh Fuel Injection, mari kita lihat perbandingannya.

Karburator yang baik setidaknya memiliki tiga penakar bensin yang disebut jet, jet memiliki ukuran lubang tempat bensin akan mengalir yang berbeda-beda, semakin besar lubangnya, semakin banyak bensin yang dapat lewat. Penakar bensin yang disebut jet  ini masing-masing akan bekerja sesuai posisi bukaan gas.

  • Slow/Pilot Jet adalah penakar bensin yang paling kecil ukuran lubangnya, menakar bensin untuk kebutuhan putaran mesin rendah, bukaan gas 0~1/4.
  • Needle Jet & Jet Needle bekerja bersama membentuk celah lubang untuk bensin lewat, menakar bensin untuk putaran mesin menengah, bukaan gas 1/4~3/4.
  • Main Jet adalah penakar bensin untuk putran mesin tinggi dengan bukaan gas penuh – 3/4~1.

Jet-jet ini selalu terbuka dan mengalirkan bensin saat mesin hidup.

bengkelsepedamotor injeksi injectorPerbedaan utama antara karburator dan injeksi adalah, pada karburator bensin masuk kedalam mesin karena dihisap oleh mesin, sedangkan injeksi sesuai namanya bensin diberi tekanan terlebih dahulu oleh pompa bensin, kemudian diinjeksi kedalam saluran masuk mesin melalui injector (gambar atas, sebelah kanan).

bengkelsepedamotor injektorInjector ditempatkan pada saluran masuk mesin sebelum katup masuk- intake valve. Injektor seperti pintu/keran bensin yang membuka dan menutup aliran bensin yang sudah bertekanan sesuai perintah dari ECU Engine Control Unit.

Cara kerja Injector mirip seperti busi yaitu juga mempunyai timing kapan dan berapa lama harus menyemprotkan bensin , jika busi memerlukan masukan dari sensor posisi crankshaft untuk menentukan saat pengapian maksimal, misalnya 10° sebelum piston mencapai titik mati atas – TMA.
Timing untuk injektor lebih rumit karena yang diukur sebagai penentu berapa lama injektor membuka untuk menyemprotkan bensin adalah berapa banyak udara yang masuk kedalam mesin, injektor harus memberikan jumlah bensin yang tepat agar dapat terbakar habis dengan jumlah udara yang ada (masuk kedalam mesin), nah ini rumus kimia dasar stoichiometry (2 C8H18 + 25 O2 → 16 CO2 + 18 H2O) perbandingan jumlah Udara O2 dan Bensin C8H18 yang terbaik, untuk menghasilkan tenaga mesin atau efisiensi maksimal.
Jumlah udara O2 yang masuk kedalam mesin tidak selalu tetap berdasarkan kapasitas mesin saja, misal mesin 100cc = jumlah udara yang dihisap masuk 100cc, tetapi volume dan kandungan O2 berbeda-beda berdasarkan bukaan gas, putaran mesin, suhu udara, tekanan udara, kelembapan udara, jadi banyak sensor yang dipakai untuk menghitungnya, bahkan setelah pembakaran pun masih ada Osensor yang dipasang pada saluran buang untuk mengabarkan kepada ECU apakah hasil kalkulasi timing injektor sudah pas atau belum, perlu ditambah atau dikurangi.

Dengan demikian Fuel Injection lebih presisi mengatur bensin dibandingkan dengan karburator, lebih baik untuk efisiensi bahan bakar, menekan polusi gas buang kendaraan bermotor.

Seperti sistem CDI yang akhirnya menggantikan Platina – contact breaker, maka Fuel Injection juga menggantikan karburator.

Tulisan terkait:

Bersyukurlah kita yang mengalami jaman karburator dan sekarang jamannya Fuel Injection.

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

Categories EFI

17 thoughts on “Fuel Injection vs Karburator

  1. Brsyukur jg msh punya mesin 2 tak carburetor:mrgreen:

    Mantap, betul apa yang ada disyukuri dan dirawat baik-baik.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. kesederhanaan karbu akan membuat karbu bertahan lama.

    Karburator akan masih bertahan, seperti juga platina di mesin masih ada yang pakai.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  3. Makanya masih nyimpen motor karburator yg lebih reliable buat kondisi jalan yg aneh di sini…..:-) Motor Injection buat seneng2 aja dulu….

  4. maaf om ECU = Electronic Control Unit cmiiw menurut tulisan terkait FI diatas

    Betul, terimakasih buat masukkannya, ECU Electronic Control Unit adalah unit kontrol elektronik secara umum, sedangkan Engine Control Unit secara khusus mengontrol mesin, selanjutnya saya akan menggunakan istilah ECM Engine Control Module, module khusus mengatur mesin, ada juga yang menyebut PCM Power Control Module.
    Sekarang dengan sistem komunikasi can bus semua module saling berkomunikasi juga, ECM, Modul sekuriti, Modul Suspensi, Modul Audio, Modul Navigasi, Modul ABS dll.

    Terimakasih Bro Duinnn

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  5. pak, Pakai electronic, kalau aki dilepas atau ampernya drop, mengganggu EFI atau tidak, saya yakin EFI tenaganya dari baterai. Atau dia ada baterai backup (baterai jam) sementara aki drop?

    Betul, EFI harus pakai aki yang sehat, jika aki drop, ECM akan mendeteksi dan melakukan koreksi injeksi.
    Jika aki drop atau rusak pada beberapa model sepedamotor ada yang menggunakan kapasitor sebagai backup seperti Honda CB 150 R dan Honda Verza.
    Terimakasih.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  6. Maaf, masbroh, numoang tanya mumpung bahas karbu.

    Kalau karbu Honda Win diaplikasikan ke Megapro Primus itu cisa tidak ya?
    Jika bisa, apakah konsumsi bbm akan lebih hemat karena menggunakan karbu Win?

    Maaf masbroh pertanyaan saya kurang bijak dan sangat awam.
    Terimakasih.

    Tidak bisa bagus Mas, karena ukuran karbu Honda Win lebih kecil, mungkin bisa irit, tapi jalannya mesin Megapro jadi tidak stabil, atau malah susah hidup karena kekurangan bahan bakar dan udara.
    Jangan sungkan bertanya, Megapro dirawat secara baik saja, sudah irit koq.
    Terimakasih.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  7. Maaf,mas. Malah ketagihan nanya. Hehe…
    Kalau slow/pilot jet punya NMP diaplikasikan ke Megapro Primus PnP ngga ya, Mas?

    Lihat katalog gambarnya kurang jelas, jadi maaf kalau saya tanya lagi ke Masbro.
    Terimakasih banyak ilmunya, semoga terus bertambah amal kebaikannya. Amin.

    Kemungkinan tidak bisa karena model karburatornya beda (kalau tidak salah) NMP model CV, sedangkan Megapro “Primus” masih karburator VM, beda sistem.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  8. jaman edan , apa apa serba listrik eletronik, mesin bensin campur electro gas, awet ga tuch injecksi. mening karbu mudah.

    Injeksi awet, dan lebih mudah settingnya dari karburator.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  9. Maaf mas, newbie mau numpang nanya. Kalo motor injeksi kerendam air in case lagi banjir, penanganannya gimana tuh?
    Selama ini punyanya motor karbu, baru kali ini megang motor fuel injection..😀

  10. mas motor honda beat FI mw saya pindahkan jadi karbu menggunakan karbu PE28
    nah manipoel xa pakai honda beat lama punya busa gc coz saya coba pakai mio sporty punya lobang baut x kurang stengah lagi jadi x gc bisa masuk itu gmna mas …..tolong di jawab mas…mks

  11. numpang nanya mas bro.. pilot jet juiter mx apa bisa di apliksikan ke jupiter z burhan… Terus klw bisa apa bbm jdi boror / apa bisa nambah kecepatan..?
    Terimakasih.. saya Tunggu jawabanya mas Bro..

  12. Saya mau beli motor honda beat injeksi 2013 apa honda beat karbu 2010saya jd bingung mohon beri saran dan masukanya at saya.?

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s