Bayar Pajak Tahunan Sepedamotor

20130813-071303.jpgHari ini Senin, 12 Agustus 2013 kembali kesibukan kota Jakarta dimulai setelah seminggu kemarin libur bersama Idul Fitri 1434H. bengkelsepedamotor memulainya dengan pergi ke Samsat Jakarta Timur untuk membayar pajak tahunan sepedamotor Honda Win tahun 1985. Persiapan dari rumah sudah komplit, fotokopi: KTP, BPKB 4 halaman, STNK & Notice pajak tahun sebelumnya. Jam menunjukan pukul 8:50 saat bengkelsepedamotor tiba di Samsat. Tanya di gerbang depan, kalau “Drive Thru” dimana? (bengkelsepedamotor sok akrab dan paham padahal belum tahu ada layanan “drive thru” untuk sepedamotor dan kebetulan saja lihat ada papan bertuliskan itu), “Langsung saja Pak putar ke belakang, nanti ada petunjuknya” sampai dibelakang waduh atriannya sudah panjang, dua lapis lagi.

image

Setelah beberapa menit koq ada kecurigaan kalau saya antri ditempat yang salah, didepan kiri ada tulisan “Cek Fisik” dan sepedamotor lain saya perhatikan bagian bulan – tahun plat nomornya semua xx – 13, berarti ini antrian untuk ganti plat nomor, ritual 5 tahun sekali.
“Permisi-permisi, maaf Pak saya salah antrian” keluar dari antrian, majukan sepedamotor dulu melewati tempat Cek Fisik sepedamotor, akhirnya ketemu ada satu lagi antrian 1 lajur.
image

Ini dia antrian yang benar untuk pembayaran pajak sepedamotor tahunan, DRIVE THRU. Mengantri sambil ngobrol dengan bapak dibelakang saya, kalau lihat dari huruf awalan plat nomor ini dari Jakarta Pusat, tapi bisa juga diproses di Jakarta Timur, salut berarti sistemnya sudah online DKI Jakarta, bayar pajak jadi lebih praktis. Antrian maju terus sampai akhirnya ada bangunan dengan 2 jendela ada petunjuk bahwa yang diserahkan adalah: KTP, STNK, BPKB semua ASLI tidak usah difotokopi lagi, hemat kertas (selamatkan pohon di hutan) dan unit motor yang diperpanjang harus dibawa, serahkan semua berkas di jendela pertama, dorong maju sepedamotor ke jendela kedua, nama saya dipanggil (supaya lebih yakin tidak ketukar dengan berkas yang lain), bayar sesuai Notice Pajak, SELESAI tidak sampai 5 menit beres, yang lama sekitar 40 menit ya antrinya.
Salut untuk pelayanan pajak kendaraan bermotor di Samsat Jakarta Timur, Terimakasih.

Samsat Polda Metro Jaya Jakarta Timur
Jl. DI Panjaitan No. 55
Jakarta Timur 13340

logo

11 thoughts on “Bayar Pajak Tahunan Sepedamotor

  1. Kalau sistem online sudah biasa, drive thru juga biasa tapi biasanya jarang dibuka yg buat motor (paling gak di samsat pusat-utara mangga dua) nah kapan kira-kira bayar pajak tahunan gak harus pake isi form dan foto kopi macem-macem. Lha wong mau mbayar pajak kok kayak orang mohon-mohon….bank aja kalau kita setor sekarang gak perlu isi form lagi.

  2. lebih bagus lagi kalau bayar pajak kendaraan online secara nasional, biar para perantau yang bawa kendaraan dari kampung halaman ke perantauan (Plat luar kota) lebih mudah mengurus pajak kendaraan

  3. You share interesting things here. I think that your website can go viral easily, but you must give it
    initial boost and i know how to do it, just type in google for – wcnu traffic
    increase

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s