DIY-Kampas rem BeAT

Bongkar rem depan Honda BeAT bersih-bersih dan mau buat seperti yang di BMW K1600 dan pengen tahu apa efeknya…

wah ternyata baut dudukan kaliper pakai thread lock, jadi nanti pasangnya juga harus pakai lagi thread lock atau yang paling bagus ganti baut barusupaya bautnya tidak kendur.

 

Dikikis pada bagian yang siku pada kedua sisi kampas rem menjadi miring (diagonal), usahakan serata mungkin, kalau ada pakai gerinda duduk lebih bagus hasilnya, bengkelsepedamotor pakai amplas kasar.

Sewaktu mau dipasang kembali nampak ada karat dibagian dalam piston kaliper, mungkin air masuk saat hujan atau dicuci, kemudian parkir dengan posisi setang belok ke kiri, airnya tetap didalam piston kaliper, kalau parkir dengan setang belok ke kanan airnya bisa keluar, coba deh… supaya karat tidak meluas bengkelsepedamotor bersihkan kemudian dilumasi dengan anti-seize jangan pakai gemuk, nanti saat panas meleleh dan bisa kena kampas rem atau disk, rem bisa blong… nah setelah pakai anti-seize yang repot buat fotonya supaya kamera tidak kotor oleh anti-seize.

Sebelum pasang kembali gunakan thread-locker supaya baut dikencangkan sesuai torsi 30 N.m (3,1 kgf.m, 22 lbf.ft)  dan tetap pada tempatnya (tidak kendur), nampak hasilnya jadi seperti huruf V atas dan bawah.

Hasil sementara rem tetap pakem, bunyi gesekan saat rem tidak ditekan berkurang, kata yang pakai sih lebih pakem, mungkin karena bersih dan saat kampas mau menekan tidak lagi bertemu dengan bagian yang siku.

Salam,
bengkelsepedamotor

Paling kanan, kemasan anti-seize, kedua dan ketiga dari kanan thread locker, bengkelsepedamotor pakai yang warna merah/permanent locking (ketiga dari kanan)

13 thoughts on “DIY-Kampas rem BeAT

  1. Luas permukaan sepatu rem yang menyentuh piringan berkurang berapa % mas…? Kalau sepatunya panjang sih gak papa, lha ini cuma secuil🙂

    Yang dikurangi juga secuil, tidak landai sekali seperti yang di BMW K 1600 GTL, yang penting ujung permukaan yang bersentuhan dengan disk brake tidak siku-siku 90 derajat. Syukurlah hasilnya saat ini rem depan masih pakem… ini kata yang pakai motornya loh bukan pendapat pribadi saya. Terimakasih atas masukkannya.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  2. kreatif2, jadi kayak rem moge neh om:mrgreen:

    tapi mengenai dmpak jangka panjang dan resikonya, masih butuh riset lagi yah keliatannya🙂

    Betul, biar saja saya coba dulu, hari ini mau jalan Jakarta-Depok-Jakarta…. so far so good

  3. Gan, aku punya motor vario 1997 dan mau membersihkan kalipernya mas tapi saya bingung untuk membuka baut kalipernya memakai apa ya mas? kunci L biasa atau yang khusus? dan nomor berapa ya mas? terima kasih sebelumnya

    bengkelsepedamotor ada BeAT 2010, baut kalipernya buka pakai kunci TORX 40 (kunci bintang ukuran 40) bersihkannya pakai sabun dan air hangat.
    Terimakasih.

  4. Mas, motor saya masih Vario 2007 dengan 2 piston kaliper, ada rencana mau ganti pistonnya, tapi vario punya mahal benar. Apakah Mas ada solusi subsitusi 2 piston kaliper vario dengan piston kaliper dari motor lain? Terima Kasih .

  5. pake punya supra (tapi bukan supra terbaru), tiger revo, new megapro. kalipernya sama2 2 piston tapi biar pasti ke toko onderdil atau bengkel dicocokkan dulu sama piston kaliper aslinya

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s