Kampas Rem BMW K1600

bengkelsepedamotor mendapat kesempatan merakit (memasang roda depan, lihat saja di http://www.facebook.com/bengkelsepedamotor) sepedamotor BMW K1600, nah pas mau pasang biar ban depan bisa lewat maka harus melepas caliper rem terlebih dahulu, ada yang unik pada permukaan kampas rem pada sisi yang segaris dengan putaran cakram dipapas miring, dan cukup landai boleh dicoba nih apa manfaatnya (sambil googling), ntar ah kalau di lengket sudah pulang, karena si kurus sementara ini rem depannya tidak berfungsi.

klik aja gambarnya kalau perlu lebih jelas

Sementara ini secara logika:

Ke-Untungan:

  • Tidak ada bidang siku yang langsung menggerus disc brake, mengurangi baret pada disc brake.
  • Mengurangi bunyi
  • Mengurangi gesekan saat rem tidak ditekan
  • Indikator keausan kampas rem yang lebih mudah terlihat – Terimakasih Bro Benny The Great
  • Mendinginkan/biar nggak panas – Terimakasih Bro Ipanase & Bro Toni Inot
  • Menghembus debu (debu rem) – Terimakasih Bro Toni Inot
  • …….

Ke-Rugian:

  • Bidang gesek berkurang saat kampas rem masih tebal, makin tipis makin bertambah😀
  • …….

Silahkan kalau ada yang sudah coba memberi komentar tentang untung-rugi nya perbuatan ini.

Salam,
bengkelsepedamotor 

8 thoughts on “Kampas Rem BMW K1600

  1. mungkin kemiringan itu sebagai indikator keausan brake shoe…

    jadi kalau miringnya udah gak keliatan lagi, maka sudah saatnya diganti..

    CMIIW

    Iya bisa juga, biasanya kan dari celah garis yang ditengah kalau celah tersebut sudah hilang/rata kampas rem harus diganti, tapi lihatnya susah mesti intip dari bawah (nungging/tiarap) nah kalau bidang miring ini lebih mudah terlihat, Terimakasih Oom Bro Benny the Great buat inputnya.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  2. Mungkin, salah satu fungsinyanya adalah untuk mengarahkan angin ke disc, jadi bisa mendinginkan dan menghembus debu. (kayak air scoop kecil gitu lah)

  3. udah ABS ya??

    Pasti pakai ABS, BMW kan pelopor ABS untuk sepedamotor. Pakai Traction Control, ada ESA Electronic Suspension Adjustment.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  4. pengen coba diaplikasikan ke pcx saya mas… combi brakenya kadang suka nekan klo dalam posisi mesin mati (ketika didorong keluar gerasi)… padahal pas di cek ke bengkel gak ada tuh gejala bearing peyang or velg yg peyang. ada solusi?

    sayang tinggalnya jauh, kalau deket saya periksa rem-nya, kalau mau coba resiko tanggung sendiri yah.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  5. ijin share ya mas…😀
    mungkin biar lebih cepat kampasnya “terbentuk” kali ya mas, biasanya kampas rem kalo sudah dipakai kan suka terbentuk dengan sendirinya, akibat dari tekanan dari piston dan gesekan dengan piringan cakram.
    kampas yang lebar (dan panjang) kalau belum terbentuk dapat berakibat handle rem cakram ketika ditekan, kurang dapat “cethek”., seolah masih ada angin palsunya., dikarenakan permukaan kampas belum dapat “merapat” dengan sempurna ke permukaan piringan cakram
    ini mungkin lho mas…🙂
    sumber ; pengalaman mbengkels..

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s