DYNOLICIOUS

Dynolicious

Sedang iseng cari referensi untuk tes kemampuan sepedamotor dengan menggunakan GPS malah ketemu web ini menarik juga dengan sebuah iphone/ipod touch ditambah aplikasi dynolicious jadi bisa punya mesin dynotest sendiri.

Secara garis besar yang saya mengerti aplikasi ini memanfaatkan sensor gerakan yang ada dalam iphone, hasil pengukuran dari sensor berapa cepat bergeraknya, arah dan efek tekanan grafitasi yang dibaca oleh sensor akan dihitung, kemudian ditampilkan dalam bentuk grafik tenaga kuda yang mudah dimengerti.

Perhitungan metrik 1 tenaga kuda adalah kemampuan kerja mengangkat beban seberat 75 kilogram setinggi 1 meter selama 1 detik, maka kalau berat kendaraan yang akan ditest diketahui, kemudian sensor dapat membaca arah gerakan dan tekanan grafitasi yang dihasilkan kan tinggal dihitung saja, gampang kan (komputer yang menghitung).

Walau masih pro dan kontra antara pemakai mesin dynotest yang umum dipakai, bahwa hasil dynolicious tidak akurat, memang masih dalam proses memasyarakatkan apalagi aplikasi ini dibandingkan mesin dyno harganya sangat-sangat-sangat sekali lagi sangat jauh berbeda, jelas investasi mesin dyno yang ratusan juta dapat terancam jadi tidak balik modal, kalau semua beralih ke DYNOLICIOUS.

Mesin dynotest juga kalau ada dua sama, sebelah menyebelah dan disetting sama, saat mengukur tenaga kuda dari mesin yang sama hasilnya juga dapat berbeda…

Secara pribadi saya lebih memilih konsep aplikasi ini karena data yang dihasilkan adalah murni hasil tes di kondisi nyata di atas aspal sirkuit dan melawan hambatan angin bukan diatas silinder besi dan ditiup kipas angin, lebih akurat untuk memantau hasil setting karena setiap data dapat dibandingkan dengan mudah, sehingga perubahan setting sepedamotor langsung diketahui; menjadi lebih cepat atau sebaliknya.

Kalau soal berapa besar tenaga kuda yang dihasilkan, mesin dynotest yang mengukurnya di roda belakang juga masih menggunakan perhitungan komputer yaitu berapa cepat memutar silinder besinya. Tujuan akhir dari balap ialah siapa yang paling cepat masuk finish, yang tenaga kudanya paling besar belum tentu dijamin jadi juara.

Silahkan dilihat disini web link: DYNOLICIOUS

salam,

bengkelsepedamotor 

Catatan: Saya belum punya iphone

4 thoughts on “DYNOLICIOUS

  1. keren mas aplikasinya,
    bener2 bisa kepake nih. efektif bgt karena pakai accelerometernya iphone. kalo dijalan tol blum aku coba. secara ninja cuma 2 roda. harus dipegangin bener2 soalnya takut jatuh hapenya. hihihi….

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s