Pasang Power Commander 3

Dynojet Power Commander III

 

Kali ini bengkelsepedamotor mendapat kesempatan (lagi) untuk memasang Power Commander III, yang merupakan generasi ke 3 dan versi ini juga sudah menggunakan koneksi USB untuk berkomunikasi dengan komputer untuk mengisi atau merubah map bahan bakar dan saat pengapian.

 

 

Jika dahulu cukup dengan tulisan di sisi kemasan, sekarang didepan kemasan Dynojet terpampang jelas dengan segitiga kuning, pakai tanda seru “FOR RACING VEHICLE USE ONLY”, biar jelas dan supaya Dynojet tidak kena kasus pengadilan lagi (isu lingkungan hidup/pencemaran udara).

 

Alat ini masih termasuk dalam kategori piggyback, karena hanya memanipulasi keluaran dari ECU, hanya dapat memanipulasi lama bukaan injector dan saat (timing) pengapian, sedangkan batas putaran mesin (rpm limiter) tetap mengikuti kondisi standar ECU.

 

Pemasangan cukup mudah karena soket ECU yang disediakan sama:

– Asli: Main wiring harness <–> ECU

– Modifikasi: Main wiring harness <–> PC III <–> ECU

 

 

 

Tinggal rapihkan susunan kabel agar tidak terjepit dibawah tempat duduk, dan letakkan kotak kontrol PCIII didepan spakbor belakang, ikat dengan cable ties.

 

Sensor O2 dibuat tidak berfungsi, dengan melepas soket koneksi sensor dan menutup dengan sumbat (O2 sensor eliminators) yang sudah disediakan dalam paket Power Commander III ini. Hal tersebut perlu dilakukan supaya kondisi hasil pembakaran yang sudah dirubah oleh Power Commander III tidak diinformasikan oleh O2 sensor ke ECU, karena kalau sampai ECU tahu maka ECU akan melakukan koreksi bukaan injector, sesuai map standar.

 

Untuk timing pengapian sensor detonasi tetap berfungsi, kalau ada timing yang terlalu awal ECU tetap mendapat informasi dan melakukan koreksi dengan memundurkan saat pengapian.

 

Pengisian map juga cukup mudah karena dalam paket disertakan CD instalasi dan sudah tersedia berbagai map sesuai kombinasi yang terdapat pada sepedamotor, yaitu untuk 2007 Softail, Screamin’ Eagle air filter, dan Rinehart exhaust.

 

Siap mencari sirkuit terdekat…

 

salam,

bengkelsepedamotor

Categories EFI