SOH CAH TOA

SOH CAH TOA

InclinometerNama diatas sudah saya kenal saat saya masih belajar disekolah dasar, dan sampai saat ini pun masih setia berteman dengan saya. Terimakasih kepada guru-guru saya yang telah memperkenalkan Soh Cah Toa kepada saya.

Salah satu pesanan yang saya dapat adalah memperbesar rake, namun pemilik tidak mau mengganti triple tree (segitiga atas-bawah) dan tetap menggunakan garpu depan asli (tidak diperpanjang). Pemilik memilih angka maksimal yang saya berikan yaitu rake 45 derajat, karena menginginkan penampilan kustom yang maksimal. Namun sebelum melakukan pekerjaan saya harus kembali kepada teori dahulu baru praktek (mekanik kebanyakan teori). Akhirnya saya ketemu dengan sahabat lama saya, yang membantu mengajarkan bagaimana hal ini dapat dilakukan. Kawan saya yang bernama Soh Cah Toa, adalah anak dari bapak Pythagoras yang terkenal itu, nama lengkapnya adalah:

SOH, Sine = Opposite / Hypotenuse

CAH, Cosine = Adjacent / Hypotenuse

TOA, Tangent = Opposite / Adjacent

Pada sepedamotor ini garpu depan mempunyai panjang 83,41cm, sudut rake awal 31 derajat diukur dengan alat pengukur sudut – inclinometer/angle locator. Target yang ingin dicapai selain memperbesar rake, juga rangka bagian bawah akan sejajar dengan permukaan tanah.

JADI, panjang garpu = Hypotenuse (tetap), frame turun = Adjacent (berubah), rake = Cosine (berubah).

Tinggi awal frame 71,50cm akan diturunkan 4,00cm maka hasil akhir Adjacent = 67,50cm. Menurut kawan saya 67,50 dibagi 83,41 = 0,8092 dikembalikan ke sudut (ACosine) menjadi 35,98 derajat. Sudut awal 31, maka 35,98 – 31 = 4,98 derajat yang harus dibuang dengan operasi potong leher, bukan leher saya, lehernya rangka sepedamotor. Saya tidak dapat memenuhi permintaan pemilik untuk membuat sudut rake 45 derajat, karena menurut teman saya maksimal 35,98 derajat, kecuali mengganti garpu depan dengan ukuran yang lebih panjang, terimakasih Soh Cah Toa untung ada kamu.

Nah teorinya selesai sekarang praktek deh…OPERASI POTONG LEHER…

Ukur dulu

Diukur dahulu sudutnya pakai benang

Dipotong

Dipotong lehernya

Disambung lagi

Diratakan

Dilihat dari kanan, kunci kontak dan kunci setang kembali keposisi semula

Sebelum dan sesudah dipotong

salam,

bengkelsepedamotor

Catatan:

  • Terimakasih untuk guru-guru Matematika saya, khususnya Guru Matematika SMAN 1 Depok, Jawa Barat.
  • Salah satu Negara bagian Amerika Serikat, North Dakota mensyaratkan maksimum rake adalah 45 derajat, minimum 20 derajat untuk sepedamotor. Tujuannya supaya keselamatan berkendara di jalan raya tetap terjaga, dan tidak ada yang membuat rake sepedamotor diluar batas kecuali hanya untuk kontes/pajangan.

3 thoughts on “SOH CAH TOA

  1. keren, baru tahu ngubah rake gitu😀 itu motongnya pake apa ya, gergajinya kuat bgt , n ngelasnya?😀

    potong pakai gergaji besi biasa (mata gergaji ada lapisan cat putih), las pakai TIG weld.

Silahkan berkomentar, Terimakasih

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s