MENIMBANG RODA

Menyeimbangkan roda “wheel balancing” setelah anda mengganti ban, sebelum roda dipasang kembali ke sepedamotor sebaiknya dilakukan penimbangan agar roda seimbang disetiap posisi.

Caranya:

Putar roda (ban, pelek, disk, apa saja yang ikut berputar dipasang, tekanan ban sesuai) pada dudukan yang dapat membuat roda berputar dengan lancar. Putar dengan kekuatan kira-kira roda dapat berputar minimal 5 putaran, biarkan sampai roda berhenti sendiri, beri tanda di ban pada titik yang paling ringan (posisi jam 12).

Putar 2-3 kali lagi untuk memastikan bahwa roda selalu berhenti pada posisi yang sama, sesuai tanda yang sudah dibuat (tanda selalu berhenti pada posisi jam 12), roda belum seimbang.

Jika tanda yang dibuat dapat berhenti diposisi mana saja selain posisi jam 12, misalnya jam 3, 6, 9 artinya roda sudah seimbang, boleh langsung dipasang di sepedamotor.

Beri pemberat (gambar pemberat) di bagian pelek atau jari-jari yang segaris dengan tanda di ban, putar roda, tanda harus dapat berhenti diposisi mana saja, atau

posisikan tanda pada posisi jam 9, lepas roda tidak berputar

posisikan tanda pada posisi jam 3, lepas roda tidak berputar

Maksimum pemberat 60 gram, jika roda membutuhkan lebih banyak untuk seimbang sebaiknya periksa kondisi ban, coba geser posisi bertemunya ban dengan pelek.

Selesai, roda anda sudah seimbang, pasang kembali ke sepedamotor..….. makin mantap dan aman untuk kecepatan tinggi.

salam,

bengkelsepedamotor