Sepedamotor Favorit turun CC

bengkelsepedamotor L bike

Sepedamotor koq malah turun kapasitas mesin ??? Biasanya naik kelas, kapasitas mesin naik, atau jumlah silinder bertambah.

Hal ini terjadi karena produsen sepedamotor ingin menjangkau konsumen yang lebih banyak, namun ada aturan pemerintah yang membatasi. Sepedamotor Triumph Street Triple merupakan sepedamotor yang populer, pengendaliannya mantap dan karakter mesin 3 silindernya pas untuk penggunaan jalan raya.
Adalah Australia dan New Zealand yang menerapkan peraturan:

Under the LAM Scheme class RE motorcycle licence holders can only ride a learner approved motorcycle.

A learner approved motorcycle is a production motorcycle that is fitted with an electric motor, or has an internal combustion engine with a capacity of not more than 660mL, and:

  • a power-to-weight ratio that does not exceed 150 kW/t
  • has not been modified other than for an allowable modification
  • is included on the LAM Scheme list of approved motorcycles

Jadi untuk mengendarai sepedamotor 660cc keatas perlu SIM yang berbeda, kelas SIM yang lebih tinggi/sulit tesnya dan susah dapatnya. Akhirnya sepedamotor Triumph Street Triple 675cc oleh pabrik diturunkan kapasitas mesinnya menjadi 660cc dan juga beberapa pembatasan agar sesuai dengan peraturan LAMS pemerintah AU & NZ.

Untuk Indonesia aman SIM sepedamotor cuma ada 1 macam, C saja, namun pemerintah Indonesia mengatur batasan-batasan lain, sempat ada peraturan batas maksimal kapasitas mesin 200cc, makanya Honda Tiger 2000 (200cc) sangat populer, bahkan Binter (Kawasaki) Merzy KZ200 juga melakukan hal yang sama seperti Triumph, kapasitas mesin yang aslinya 250cc karena masuk ke Indonesia diturunkan menjadi 200cc, lihat bagian dalam tempat kopling disana ada tertulis KZ250.

Setelah deregulasi otomotif 1999, sekarang banyak sepedamotor dengan kapasitas lebih besar dari 200cc, aturannya fokus ke bea masuk, sepedamotor kapasitas mesin besar dikenai pajak barang mewah, dengan tujuan/alasan melindungi industri perakitan sepedamotor dalam negeri. Saat ini mesin 250cc belum kena peraturan pajak barang mewah, kapasitas mesin makin besar, makin besar juga bea pajak barang mewah yang dikenakan.

SIM sepedamotor di Indonesia masih tetap satu, C saja, C artinya Cukup atau CoCok untuk semua kapasitas dan ukuran sepedamotor.

Berikutnya Sepedamotor turun Tenaga

Salam,
bengkelsepedamotor
logo

4 thoughts on “Sepedamotor Favorit turun CC

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s