OVERPRICED

bengkelsepedamotor overpricedoverpriced
Priced higher than what it is really worth.

Apa iya produk dari merek berbeda bisa dibandingkan dan diambil kesimpulan bahwa Merek A overpriced dibandingkan Merek B, tidak bisa karena faktor harga tidak hanya dipengaruhi oleh harga bahan baku. Misalnya segelas  kopi, bubuk kopi diseduh air panas jadi segelas kopi panas, tambah gula sesuai selera. Harga segelas kopi beda-beda, apakah segelas kopi yang paling mahal jadi overpriced ? Faktor harga segelas kopi, antara lain dipengaruhi: kualitas biji kopi yang digunakan, kualitas air untuk menyeduh, suasana atau tempat kedai kopi berada, biaya promosi merek kopi ingat ini juga dibebankan pada harga setiap gelas kopi yang anda minum, ribet kan, kopi hasil alam, merek tidak anda minum/nikmati tapi harus bayar juga.

Contoh sederhana lihat gambar diatas, ada tiga buah kunci dengan kegunaan sama yaitu membuka baut/mur ukuran 10mm, harga berbeda-beda, ada satu kunci yang lebih mahal dari dua kunci lainnya, apakah langsung dapat dikatakan kunci tersebut overpriced.

Sebuah produk jadi yang terdiri dari banyak suku cadang mempunyai BOM, Bill of Material, sepedamotor adalah sebuah produk hasil dari ratusan bahkan ribuan suku cadang yang disatukan, harga satu baut ukuran sama saja dapat berbeda-beda, ada nilai bahan, proses pembuatan, lumayan sulit untuk menebak harga aslinya kalau kita tidak mempunyai data yang lengkap.

Sepedamotor buatan A overpriced dibandingkan buatan B, dasarnya apa ?
Kapasitas mesin, tenaga yang dihasilkan ?
Menurut pendapat saya pribadi sih tidak bisa dibandingkan, tidak ada yang overpriced masing masing produsen sudah menghitung dengan matang: biaya produksi + biaya promosi + keuntungan + biaya lain-lain = HARGA JUAL.
Anda suka dan cocok anda beli, toh belum tentu juga yang paling hebat cocok dengan anda, sepedamotor benda mati, anda mampu bayar, bisa bawa pulang, kalau sepedamotor bisa bicara “Aku kan sepedamotor paling keren, aku nggak mau dikendarai kamu, kamu kurang ganteng”.

Indonesia yang merdeka ini SIM sepedamotor cuma satu jenis C saja, kalau mobil ada golongan-golongan yang berbeda A, B1, B2 sesuai kapasitas beban, barang bawaan, dan versi UMUM untuk membawa penumpang, misal Taxi maka SIM nya harus A-Umum.
Sepedamotor, mau bawa beban 200kg, dipakai ngojek, 50cc atau 2.300cc SIM nya tetap satu C saja.
Jangan salahkan orang lain atau yang ngatur, aturan paling bagus adalah dari diri sendiri, anda tahu kemampuan anda, bukan cuma kantong, karena naik motor pakai supir nggak enak.
Pilih sepedamotor yang paling sesuai atau bertahap, mulai dari sepedamotor yang ringan kapasitas mesin kecil, kemudian bertahap setelah 6-12 bulan (atau sampai cicilan lunas) baru ganti (cie-cie naik kelas) sepedamotor yang lebih berat dan kapasitas mesin lebih besar.
Ingat sepedamotor rodanya 2, perlu keseimbangan !!!
Ride safely, ride responsibly.

Salam,
bengkelsepedamotor (punya SIM C-5x & B1-3x)
logo

15 thoughts on “OVERPRICED

  1. Apakah juga termasuk kasus cbr250 dulu dan cbr 250 skrng yang bnyak fitur justru lebih murah dari pendahulunya

    Maaf saya nggak ngerti kenapa begitu, pasti ada alasannya, saya tidak tahu, tidak ada datanya.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. Salam kenal mas,, Kalau kasus ini gmana mas : merk A dan B type/cc motor hampir sama tapi merk B lebih mahal ±300an ribu), A memberi diskon DP s.d 1jt, sedangkan B diskon hanya 500rb dengan cicilan perbulan dan tenor yg sama, apakah bisa dibilang merk B overprice atau hanya strategi marketing? (Pengalaman waktu mo ambil motor)

    Salah satu cara, coba cek dan bandingkan harga jual bekasnya, kalau merk B harga bekasnya masih lebih mahal ya tidak overpriced. Overpriced untuk produk sepedamotor kalau saya boleh katakan itu tidak ada, ada harga ada rupa, ada yang jual lebih murah (dan bilang lainnya overpriced), eh sekarang ATPM nya kabur dari Indonesia.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  3. Kalo misal merk X 250 cc dan Y 250 cc sama2 impor dr negara yg sama trus stlh djual dsni yg merk X jd 75 persen lbh mahal sdgkn merk Y 100 persen lbh mahal dr hrg d negara asal, apkh merk Y overpriced? Knp bisa beda y persentasenya pdhl persentase pajak jg biaya lain2 smp bisa msuk sni sm kan?

    Importirnya sama ? Jumlah Qty saat masuk sama ? Dealer pasti beda karena merek beda, diskon dealer ?
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  4. si om lucu amat :D
    sesuai rumus yg om kasih
    biaya produksi + biaya promosi + keuntungan + biaya lain-lain = HARGA JUAL.
    yang bikin sebuah produk overpriced itu ya jelas brp keuntungan yg diambil produsen ;)
    yg lebih tepatnya overpriced itu relatif..
    buat si om enga overpriced buat org lain belum tentu..
    itu tergantung dari kapasitas masing” menilai value sebuah benda

  5. belum lagi dari sisi material …. dan yg tahu persis biasanya vendor produsen … apakah merk A pakai bahan baku xxxxx untuk menekan harga sedang merk B memakai bahan baku xyxyxyxy yg lebh baik dari merk A tapi harga jual motornya lbh murah …. ( dg catatan barang sejenis misal silinder blok dg produsen vendaor yg sama )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s