Perbandingan Kompresi SATU, DUA, TIGA

bengkelsepedamotor tuning 00Mesin mempunyai langkah kerja yang disebut Siklus Otto, siklus empat langkah, untuk menghasilkan tenaga, piston harus melakukan empat langkah kerja yaitu :
hisap-kompresi-tenaga-buang

Perbandingan Kompresi SATU, DUA, TIGA hanya istilah catatan kecil bengkelsepedamotor agar tidak bingung buat catatan, ada yang pakai istilah perbandingan kompresi statis dan perbandingan kompresi dinamis, ini juga masih diperdebatkan, debat boleh, tapi jangan jadi menu utama, ini catatan kecil bengkelsepedamotor menu utamanya adalah belajar. Mau buat istilah sendiri juga silahkan.
Catatan kecil ini khusus perbandingan kompresi mesin 4 langkah, mesin 2 langkah tidak dibahas.

Perbandingan Kompresi SATU
Perbandingan kompresi ini adalah yang tercantum pada brosur sepedamotor.
Contoh:
Sepedamotor dengan mesin sama 150cc, bore x stroke sama, merek sama :)
Honda Verza 150 dan Honda New MegaPro mempunyai perbandingan kompresi 9,5:1 Hasil ini didapat dari perhitungan langkah piston dari 0° TMB (lihat gambar pertama, klik untuk memperbesar)

Perbandingan Kompresi DUA
Perbandingan kompresi ini adalah kompresi yang terjadi setelah langkah hisap selesai, katup masuk menutup, kompresi dimulai menurut durasi camshaft sisi intake (belajar intake dulu, satu persatu). Kalau katup masih terbuka, kompresi belum ada, masih bocor. Sudah makin dalam nih, makanya ini tidak ada di brosur :)
Contoh:
Sepedamotor dengan mesin sama 150cc, bore x stroke sama, merek sama :)
Sepedamotor Honda Verza 150 katup masuk menutup pada 35° setelah TMB
Sepedamotor Honda New MegaPro katup masuk menutup pada 40° setelah TMB
Maka sepedamotor Verza 150 mempunyai nilai perbandingan kompresi DUA lebih tinggi daripada New MegaPro karena memulai langkah kompresi lebih awal 5°.

Camshaft

Camshaft

Perbandingan Kompresi TIGA
Perbandingan kompresi ini adalah praktek sesungguhnya kompresi dalam mesin, dipengaruhi oleh putaran mesin, bentuk intake; panjang,diameter, posisi – side draft, down draft, beban kerja-posisi gigi 1,2 dst, bentuk exhaust, suhu lingkungan. Perbandingan Kompresi TIGA bisa juga disebut VE-Volumetric Efficiency.
Ketika mesin bekerja ada saat dimana perbandingan kompresi TIGA lebih besar dari perbandingan kompresi SATU (torsi paling besar) dan juga ada bahkan lebih kecil dari perbandingan kompresi DUA, tinggal bagaimana kompromi/musyawarah yang mana mau diambil, untuk irit/lolos uji emisi atau balapan.

Perbandingan Kompresi Tiga pada sistem EFI akan membuat map bahan bakar, map pengapian, map load menjadi indah seperti sebuah karya seni.
EFI sepedamotor menganut sistem Speed Density atau Alpha N, map dibuat dengan penelitian yang seksama untuk hasil maksimal baik secara tenaga, efisiensi-irit, dan lulus uji emisi Euro 2/3.
Jadi Dealer Resmi walaupun punya alat diagnostic canggih, komputer canggih, yang diberikan oleh pabrikan tetap tidak bisa merubah setting map yang sudah ada :P

EFI Art

EFI Art – Fuel Map

EFI Art - Load Map

EFI Art – Load Map

EFI Art - Ignition Map N

EFI Art – Ignition Map Neutral

EFI Art - Ignition Map 1st gear

EFI Art – Ignition Map 1st gear

EFI Art - Ignition Map 2nd gear

EFI Art – Ignition Map 2nd gear

*map diatas bukan map injeksi dari Honda Verza 150, nggak bakalan bengkelsepedamotor bisa dapat itu dari AHM, kalau Service Manual semoga bisa dapat, tidak cuma dari AHM lho, YAMAHA, Kawasaki, SUZUKI kalau mau kirim Service Manual (Workshop Manual) juga akan bengkelsepedamotor terima dengan senang hati, Terimakasih.

Salam,
bengkelsepedamotor
bengkelsepedamotor_logo

32 thoughts on “Perbandingan Kompresi SATU, DUA, TIGA

  1. mau tanya, yg agan bicarain it perbandingan kompresi atau perbandingan tekanan kompresi?

    soale ane pernah baca spesifikasi teknis pabrikan ada namae
    perbandingan kompresi misal 1:11
    ada pressure compresion dalam satuan kPa

    sepamahaman ane kalo perbandingan kompresi it, perbandingan volume ruang tma dan tmb artinya tetap misal 1:11
    kalo pressure compresion it yg agan tls diatas dan bersifat dinamis artinya sesuai derajat buka tu2p klep
    monggo gan ane minta pencerahanya

    Catatan ini belum membahas tekanan (N/m2, KPa, Psi, Bar),
    Catatan ini baru membahas: Perbandingan Volume A (ada atau masuk kedalam silinder) yang kemudian ditekan menjadi Volume A1 (ruang bakar), semoga dapat dimengerti, terimakasih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  2. weh mangstabf, saya salah satu penggemar warung ini lo gan, bermula ketika melihat sampean di ultah koboi petama di mana ya cipete apa di jl h nawi, saat itu kalau gak salah sampean salah ynag memberikan presentasi diatara beberapa blog, sayange kadang terlalu sibuk klali gan kok jarang nongol diwarung?

    Terimakasih Bro, maklum masih ngurus warung yang lain juga :D
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  3. Mungkin karena yg jenis 2 ma 3 lebih relativ, maka penyebutan yang umum memang lebih gampang jenis 1 untuk spek pabrikan yang tertera.
    —Adakah literatur yg sengaja membahas perbedaan itu sebagai bahasan teknis atau itu hasil analisa Om sendiri?

    Ini hasil racikan dari belajar disana-sini, perbedaan ini terjadi mulai dari kondisi Teori, Praktek, dan kenyataan yang terjadi didalam mesin 4 langkah.
    Bisa lihat juga di wikipedia “Compression Ratio”
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  4. Jadi nggak ada bedanya kalau dealer resmi nyetel injeksi pakai laptop atau cuma pakai kode kedipan di dashboard? Sama2 cuma nyari error, nggak mengubah map dlm ecu? Soalnya banyak yg ngotot, pakai laptop lebih baik, padahal konteksnya bukan ecu aftermarket di sirkuit, tapi ecu standar di bengkel resmi.
    Oya, tolong bahas juga dong kenapa kompresi mesin yg pakai radiator lebih tinggi drpd pendingin udara. Ini berhubungan dgn praktek juga, kenyataanya supra helm in injeksi lebih gampang nglitik drpd vario 125, sama2 pakai premium, padahal kompresi vario 125 jauh lebih tinggi.

    Setahu saya di Bengkel Resmi tidak ada yang disetel, yang bisa update Map, tapi bukan setel karena Map yang diberikan juga tidak bisa dibuka cuma ditransfer (reflash) ke ECU. Throttle position bisa meleset atau jika ganti baru harus disetel untuk mendapatkan tegangan voltase baca yang sesuai. Kalau mau pakai laptop atau tidak terserah.
    Kompresi VS ngelitik wah menarik nih, saya buat catatannya dulu yah, Terimakasih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  5. Mantab ulasannya gan, klo map tersebut bacanya gimana? dan arti warnanya apa?

    Pasti saya jelaskan, nanti dicatatan terpisah ya, terimakasih.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  6. Joko berkata:
    23 Februari 2013 pada 7:12 PM

    Jadi nggak ada bedanya kalau dealer resmi nyetel injeksi pakai laptop atau cuma pakai kode kedipan di dashboard? Sama2 cuma nyari error, nggak mengubah map dlm ecu? Soalnya banyak yg ngotot, pakai laptop lebih baik, padahal konteksnya bukan ecu aftermarket di sirkuit, tapi ecu standar di bengkel resmi.
    Oya, tolong bahas juga dong kenapa kompresi mesin yg pakai radiator lebih tinggi drpd pendingin udara. Ini berhubungan dgn praktek juga, kenyataanya supra helm in injeksi lebih gampang nglitik drpd vario 125, sama2 pakai premium, padahal kompresi vario 125 jauh lebih tinggi.

    ========================================================================

    KALO SAYA LEBIH PERCAYA OBENG DARIPADA LAPTOP

    Kalau saya pakai Laptop dan Obeng, dulu waktu setel Karburator puter obeng pakai perasaan, sekarang EFI putar obeng sambil lihat nilainya di Laptop, EFI pakai perasaan dijamin nggak bakalan dapet.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  7. @ angger amul
    Kenyataan memang pahit ya. Terima saja. Komputer saja utk diagnosis sering cukup masuk bios, nggak perlu komputer lain. Smartphone dari jaman dulu mau reset juga tinggal tekan kodenya, nggak perlu pakai laptop. Memang kelihatan lebih canggih kalau ngecek ecu pakai laptop, tapi utk ecu pabrikan, laptop juga nggak akan bisa mengubah mapnya. Sebenarnya aku juga lebih seneng kalau cuma diagnosis ecu saja pakai laptop, paling nggak daganganku jadi laris. Tapi kalau kenyataannya nggak butuh, gimana lagi.

    Kenyataan itu INDAH Mas Joko, kita bersyukur saja.
    ECU itu memang Komputer, tergantung yang desain, mau keluar kode diagnostik lewat layar instrumen juga bisa (pakai angka odometer, kedipan MIL)
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  8. Ini hasil racikan dari belajar
    disana-sini, perbedaan ini terjadi
    mulai dari kondisi Teori, Praktek,
    dan kenyataan yang terjadi
    didalam mesin 4 langkah.
    Bisa lihat juga di wikipedia
    “Compression Ratio”
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    ———-
    iya, di literatur wiki jg cm bahas perbandingan volume yg secara fisikanya memang linier dgn kompresi. (jenis 1)
    saya kira memang pembagian dari Om jd 3 jenis memang lebih tepat menerangkan kondisi aktual kompresi mana yg mempengaruhi hasil pembakaran.

    Ada di wikipedia “Compression Ratio”, agak kebawah dibagian “Dynamic compression ratio” bagian ini sama dengan Perbandingan Kompresi DUA. Terimakasih Bro buat diskusinya, semoga bermanfaat bagi kita semua.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  9. Ni bs jg brarti profil noken as jg berpengaruh pd kompresi ya? Dari pd bubut silinder, ubah sudut LSA n punggung noken as bs jg nambah kompresi asal klep gak benturan. Yg jd pertanyaan, brp knaikanya? Jd pnasaran mas, ada referensinya???

    Bisa, durasi camshaft, porting, bentuk knalpot bisa menaikkan Perbandingan Kompresi TIGA, silahkan google “flow bench”
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  10. kalo perbandingan kompresi 3 bisa disebut efisiensi volumetris, apa dengan kata lain perbandingan kompresi 3 itu adalah perbandingan kompresi antara volume bahan bakar + udara saat tmb dengan volume bahan bakar + udara saat tma?

    kalo salah mohon dikoreksi –v ane masih awam

    Yang Bro Daivan tulis itu Perbandingan Kompresi SATU.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  11. Joko berkata:
    24 Februari 2013 pada 1:34 PM

    @ angger amul
    Kenyataan memang pahit ya. Terima saja. Komputer saja utk diagnosis sering cukup masuk bios, nggak perlu komputer lain. Smartphone dari jaman dulu mau reset juga tinggal tekan kodenya, nggak perlu pakai laptop. Memang kelihatan lebih canggih kalau ngecek ecu pakai laptop, tapi utk ecu pabrikan, laptop juga nggak akan bisa mengubah mapnya. Sebenarnya aku juga lebih seneng kalau cuma diagnosis ecu saja pakai laptop, paling nggak daganganku jadi laris. Tapi kalau kenyataannya nggak butuh, gimana lagi.
    ==============================
    ane tau nih alur komentarnya.
    boleh ane tambahin gak?
    di setiap bengkel resmi ane bisa pastikan gak bakal ada fasilitas untuk ganti mapping mesin. kalo lo nyambungin antara seting ECU dan seting map itu gak nyambung sama sekali.
    kenapa gak sekalian aja lo bilang setting suspensi lewat ECU yg dihubungin ke laptop, atau stel klep pake laptop, biar sekalian aja gak nyambungnya.
    setting ECU atau bagian injeksi pake leptop jelas beda sensasinya ketimbang pake alat imut lainnya, lebih lengkap (bisa jadi), bisa juga baca track record mesin. hal yg gak bisa dilakukan alat setting imut.
    ibarat lo main game, pasti beda ketika main GAMEBOY dan main lewat PC. sama-sama main game tapi beda sensasi dan kelengkapannya.

    Nggak ikutan soal Laptop & Non Laptop.
    Tapi kalau setting suspensi memang ada yang pakai laptop.
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  12. @mas bengkel sepeda motor, ane pernah baca tentang cam gembos, atau kompresi gembos di RAT motor. kalo boleh tau itu maksudnya gimana ya? soalnya kalo gak salah RAT bilang, “di saat mekanik lain pada main kompresi tinggi, tapi ini malah main di kompresi lebih rendah” dan hasilnya juga gak kalah kencang.

    Maaf belum tahu persis yang dimaksud dengan “cam gembos” untuk kencang kompresi tinggi bukan satu-satunya jalan, rendah di Perbandingan Kompresi SATU, tapi bisa maksimal di Perbandingan Kompresi TIGA pada RPM yang pas, pas buat harian, pas buat balapan sirkuit, pas buat 402m (eh 201 meter).
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  13. Mungkin lebih gampang jelasin pake mesin DOHC ya, dimana masing-masing klep punya camshaft sendiri-sendiri..? misalnya;kalau cam IN dimajuin satu mata rantai timing maka proses intake menutup lebih cepat yang artinya kompresi Dua jadi lebih tinggi dari sebelumnya…

    mohon dikoreksi kalau salah.. ;)

    BETUL !!! tinggal dihitung lompat satu mata = berapa derajat dibagi 2, karena ukuran durasi ada di Crankshaft dan sebelum mesin hidup diperiksa seksama tidak ada tabrakan antara klep dengan klep, maupun klep dengan piston.
    Kalau mau main rpm tinggi dimundurin yah ?

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  14. gambar map injeksinya bikin pedes mata, maklum mata tua :mrgreen:

    Ini sudah mendingan Bro, dulu satu warna abu-abu, tulisan hitam, nggak jelas mana yang tinggi mana yang rendah. Nggak bikin gatel ? :-S

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  15. just curious…pabrikan membuat tabel/map berdasarkan trial & error, apa pake rumus baku yang kemudian di tune/adjust sesuai karakter yang diinginkan bro??

  16. gan numpang tanya tentang transmisi
    kalo pada mtor bebek kan pake kopling semi otomatis. jd saat gigi masuk walaupun mtor berhenti. mesin tidak mati karena selip di kopling trb.

    nah pada motor laki kan kopling manual, jadi saat motor berhenti, gigi masuk, mesin akan mati jika tidak dikopling.

    pertanyaan ane, apakah antara putaran mesin dan putaran ban pada motor laki it seirama? artinya misal sama2 gigi4 rpm 7000 misal, itu kecepatanya apa pasti sama? walaupun nanjak atau turun? kan kalau d motor bebek g seirama soalnya selip di kopling semi otomatisnya.

  17. @ joko
    Ya terserah deh. Elu kan beli motor utk sensasinya. Kalau aku utk kegunaannya.
    Mungkin kurang pas kalau gameboy dibandingkan dgn pc. Karena jenis gamenya beda, mana bisa game pc dimainkan di gameboy. Mungkin lebih pas membandingkan main game gameboy di gameboy, dgn main game gameboy di pc pakai emulator. Mungkin saja lu bilang lebih keren di pc, tapi kalau menurutku lebih boros. Gamenya sama persis, alatnya lebih ribet, listriknya lebih boros, masih harus nunggu loadingnya windows. Lagian bengkel resminya sudah punya gameboy, ngapain dipaksa main pakai emulator di pc. Demi sensasi? Ah, repotnya ngurusin sensasi.

  18. ini malah ada yang ribut soal laptop dan non laptop, intinya sama, tapi kalau dealer punya kelengkapan yang lebih baik kan untuk konsumen juga lebih bagus…
    saya pribadi lebih senang dengan bengkel yang luas, nyaman dan lengkap peralatannya.
    juga yang teknisinya memang mengerti teknologi, melek komputer dan peralatan pendukungnya, sehingga informasi keadaan sepedamotor dapat disajikan secara informatif dan jelas dan jujur. sehingga konsumen merasa puas. sekalian bisa menunjukkan part mana yang memang bermasalah,
    maka mari kita dukung pabrikan semakin melengkapi service center mereka dengan alat yang semakin lengkap dan teknisi yang juga canggih.

  19. Ada alasannya kenapa pabrikan membuat komponen elektronik susah diakses pengguna. Kalau isi ecu gampang diutak-atik, kemudian terjadi masalah, bagaimana ngurusi garansinya. Ibaratnya android yg belum di root. Kalau memang mantap mau di root, resiko tanggung sendiri. Demikian juga dgn ecu. Krn pakai laptop sekalipun tidak mengubah map, jadi fungsinya tdk lebih dari kedipan lampu indikator kerusakan injeksi. Jadi sama saja pakai android, gayanya saja seperti sudah di root, padahal belum.

    Alat yg ada saja masih jarang dimanfaatkan. Pernah lihat ada mekanik pakai torque wrench? Padahal sering lho baut rusak gara2 terlalu kencang masangnya. Jadi, drpd belajar komputer yg bukan bidangnya, mending mendalami urusan bengkel saja. Aku lebih menghargai mekanik yg jago urusan mekanik drpd mekanik yg jago urusan komputer. Kecuali dia memang mekanik spesialis ecu tentunya.

  20. Joko berkata:
    28 Februari 2013 pada 8:30 PM

    Ada alasannya kenapa pabrikan membuat komponen elektronik susah diakses pengguna. Kalau isi ecu gampang diutak-atik, kemudian terjadi masalah, bagaimana ngurusi garansinya. Ibaratnya android yg belum di root. Kalau memang mantap mau di root, resiko tanggung sendiri. Demikian juga dgn ecu. Krn pakai laptop sekalipun tidak mengubah map, jadi fungsinya tdk lebih dari kedipan lampu indikator kerusakan injeksi. Jadi sama saja pakai android, gayanya saja seperti sudah di root, padahal belum.

    Alat yg ada saja masih jarang dimanfaatkan. Pernah lihat ada mekanik pakai torque wrench? Padahal sering lho baut rusak gara2 terlalu kencang masangnya. Jadi, drpd belajar komputer yg bukan bidangnya, mending mendalami urusan bengkel saja. Aku lebih menghargai mekanik yg jago urusan mekanik drpd mekanik yg jago urusan komputer. Kecuali dia memang mekanik spesialis ecu tentunya.
    __________________________________________________________________________

    @JOko…

    Gw koq meragukan argumentasi loe ya … Salam PERTAMAX Basi ( Expired ) aja deh… Jelaskan dulu secara ILMIAH kenapa PERTAMAX bisa basi daripada argumen loe menjurus kemana-mana… MASIH ingat kan komentar loe di blog PERTAMAX7.com ???? secara analogi apapun loe berkomentar selama belum menjelaskan hal tsb, loe lebih baik cukup berdiam diri aja deh…

  21. mas aq nak bwi pngen tw lebih dealam tentang motor injeksi

    Silahkan baca tulisan pertama diBlog ini.
    Terimakasih,
    bengkelsepedamotor

  22. mas bengkel sepeda motor ,sekarang keluhan motor injeksi jenis matic sering sering banyak keluhan seputar kecepatan berlajunya,kata mekanik khususnya ….klo pingen tarik’annya lebik enak harus d boroskan. selain di boros kan solusi apa yg lebih baik dr pada itu….??? padahal klepxa sudah d stell…??? gtu aja!!

    Software map bensin & pengapian dirubah, sesuai kebutuhan mesin > pasti enak lajunya.
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  23. Jadi dg gt “BBM verza” cocok pake Pertamax…? atau…….? let me know….!!! please…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s