Honda Bikers Day 2012

HBD2012Sekitar 15.000 (*Update terakhir Peserta teregistrasi : 8.288 Motor, Pengunjung : Sekitar 18.000-an) bikers anggota berbagai klub dan komunitas sepeda motor Honda dari bebagai daerah di Indonesia berkumpul di Lapangan Siwa, komplek Candi Prambanan, Yogyakarta untuk mengikuti acara Honda Bikers Day (HBD) 2012 yang diselenggarakan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) .

HBD tahun ini mengusung tema  “Satu Hati untuk Indonesia .“ Kegiatan yang berlangsung pada 15-16 Desember 2012 ini merupakan puncak dari beragam kegiatan gathering klub dan pecinta motor Honda yang sudah digelar AHM sepanjang tahun ini, seperti Jambore Nasional Honda BeAT, Jambore Nasional Honda Tiger, Jambore Nasional Honda Vario, Gathering PCX Owner Club dan banyak kegiatan lainnya.

HBD tahun ini merupakan penyelenggaraan yang keempat sejak diadakan pertama kali pada 2009 di Pangandaran dan yang disusul kemudian di Kiara Payung, Jatinangor, Sumedang, dan tahun lalu di Bromo, Pasuruan. Kegiatan tahun ini digelar bekerja sama dengan Main Dealer Honda wilayah DI Yogyakarta yaitu PT Astra International Tbk-Honda Sales Operation (HSO) Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan Astra Motor Yogyakarta dan Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY).

Istiyani Susriyati, GM Honda Customer Care Center (HC3) AHM mengatakan HBD merupakan acara khusus sebagai salah satu bentuk apresiasi perusahaan bagi pelanggan setia Honda baik dari komunitas atau klub Honda dan pelanggan Honda secara umum di Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan interaksi antar komunitas pecinta motor Honda maupun konsumen Honda secara umum.

“Kami ingin HBD menjadi sarana pemersatu pengguna sepeda motor Honda yang merupakan anggota dari berbagai klub / komunitas dalam rangka untuk menjadi satu keluarga besar yang solid,” ujarnya.

KHWI

Komunitas Honda Win Indonesia

Klub-klub yang hadir dalam HBD 2012 tergabung dalam beberapa Paguyuban atau Asosiasi sepeda motor Honda antara lain: Paguyuban Honda Sumatera Utara – Sumatera Utara., Paguyuban Motor Honda Jambi (PMHJ) – Jambi, Honda Bikers Pekan Baru (HOBIKU) – Pekan Baru, Paguyuban Motor Honda Palembang (PMHP)- Palembang, Paguyuban Motor Honda Bangka Belitung – Bangka, Asosiasi Motor Honda Lampung – Lampung, We are Honda Metro (WE”RE HOME) – Metro Lampung, Paguyuban Honda Banten (PHB) – Banten, Asosiasi Honda Tanggerang (AHT) – Tanggerang.

bengkelsepedamotor hbd2012 02Turut pula hadir Asosiasi Honda Jakarta (AHJ) – Jakarta, Ikatan Motor Honda Jawa Barat (IMHJB) – Jawa Barat, Ikatan Honda Motor Bandung (IMHB) – Bandung, Paguyuban Honda Semarang (PaHS) – Semarang, Paguyuban Honda Solo (PHS) – Solo, Surabaya Honda Community(SHC) – Surabaya, Honda Asosiasi Lombok (HALO) – Lombok, West Borneo Community – Kalimatan Barat, Honda Semoga Jaya Community (HSJC) – Samarinda, , Ikatan Motor Honda Kalimantan Selatan dan Tengah (IMHKST) – Banjarmasin dan Palangkaraya, Ikatan Motor Honda Palu (IMHP) – Palu, dan dari perwakilan wilayah lainnya seperti Ternate, Gorontalo, Makasar dan Papua.

“Kami juga terbuka terhadap klub motor di luar merek Honda yang ingin berkumpul dan bercengkeramah melalui ajang HBD 2012 ini,” kata Istiyani.

Para bikers yang tergabung dalam berbagai klub dan paguyuban/asosiasi yang terlibat dalam HBD 2012 ini akan ditampung dalam konsep Kampung Bikers, di Lapangan Siwa, Komplek Candi Prambananan. Di sinilah puncak kegiatan HBD 2012 dipusatkan.

Beragam hiburan dan lomba

Pada HBD 2012 ditampilkan beberapa aktifitas kesenian dan pelestarian budaya yang melibatkan bikers, seperti Ketoprak motor, Parade Gunungan beserta Prajurit Keraton, Jamasan Motor, dan penampilan musik kontemporer Calung & Musik Gerabah yang merefleksikan kreativitas Yogyakarta sebagai kota budaya. Tak ketinggalan lagu-lagu Top 40, band humor Sri Rejeki & orkes melayu Altaria juga meramaikan HBD tahun inibengkelsepedamotor hbd2012 01

Selain hiburan, HBD tahun ini juga semakin seru dengan adanya kontes modifikasi motor yang mengumpulkan hasil kreatifitas Bikers Honda dalam empat (4) kelas yaitu Bebek (cub), matic, sport, dan klasik kreasi dengan usia maksimal motor produksi tahun 1987.

Untuk memeriahkan HBD, juga digelar acara yang membangkitkan semangat dan kebersamaan dalam bentuk games yang sifatnya indivdual atau kelompok, seperti lomba Tarik Tambang, Lomba lempar Ban Motor Terjauh, Lomba Mendorong Motor Bergantian, Lomba menembak sasaran menggunakan Paint Ball, Lomba bongkar pasang roda tercepat, dan Lomba Foto menggunakan HP yg kemudian di upload via twitter berhadiah smartphone.

Kemeriahan semakin spesial karena Honda Bikers Day kali ini bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun ke-7 Paguyuban Motor Honda Yogyakarta (PMHY) sejak terbentuk pertama kali pada tahun 2005. PMHY merupakan sebuah forum komunikasi dan interaksi bagi 16 Klub Honda dari berbagai type Sport, Cub, Matik & Klasik yang berada di wilayah Yogyakarta.

Menambah semarak Honda Bikers Day 2012, diselenggarakan pula Deklarasi Paguyuban BeAT Jawa Barat, Jambore Nasional Honda CBR Se-Indonesia dari Asosiasi Honda CBR (AHC) dan Perayaan Ulang Tahun Honda Asosiasi Lombok (HALO).

Corporate dan Bikers Social Responsibility

bengkelsepedamotor hbd2012 csr3Selain mengadakan gathering antar klub dan konsumen, para bikers juga digelar corporate dan bikers social responsibility dalam bentuk Pembagian Helm Anak Gratis sebagai salah satu bentuk upaya untuk menggalakkan kepedulian orang tua dalam melindungi anak dalam berkendara. Selain itu juga dilaksanakan kegiatan pemberian donasi Buku Bacaan kepada sekolah dan pesantren di sekitar Candi Prambanan. Buku-buku tersebut merupakan hasil pengumpulan buku layak baca dari bikers yang hadir di HBD kali ini sebagai salah satu syarat keikutsertaan.

bengkelsepedamotor hbd2012 csr1Selain dibagikan ke sekolah dan pesantren di sekitar Candi Prambanan, sebagian buku-buku tersebut akan disumbangkan melalui para bikers peduli pendidikan ke wilayah terpencil yang membutuhkan.

Tak ketinggalan diadakan aksi penghijauan yang telah dilakukan di

bengkelsepedamotor hbd2012 csr2

 Wanagama,Yogyakarta sebanyak 110.000 bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup.

“Melalui aktivitas corporate dan bikers social responsibility ini, kami ingin memberikan manfaat pada sesama. Semangat berbagi dan peduli keselamatan ini kami harapkan bisa terus dilanjutkan para biker saat kembali ke daerah masing-masing,” tutur Istiyani.

Honda CB150R StreetFire

Pada ajang berkumpulnya ribuan bikers ini, AHM juga memperkenalkan secara langsung sepeda motor terbarunya Honda CB150R StreetFire yang baru dirilis ke pasar pada tanggal 12-12-2012. Para bikers yang hadir juga diberi kesempatan untuk melakukan test ride motor bermesin 4-Langkah, DOHC, 4-Katup, 6-Kecepatan dan berpendingin cairan (Liquid-Cooled) ini.

bengkelsepedamotor hbd2012 cb150AHM juga menggadakan riding experience untuk Blogger baik yang tergabung dalam KoBOI (Komunitas Blogger Otomotif Indonesia)  dan OBI (Oto Blogger Indonesia) dari Jakarta serta KOBOYS (Komunitas Blogger Yogyakarta dan Sekitarnya) dengan rute Yogyakarta-Parangtritis.

AHM juga membuka kesempatan khusus untuk peserta HBD yang ingin memiliki Honda CB150R StreetFire dengan menyiapkan uang tanda jadi Rp100 ribu. 100 peserta pembeli pertama di event ini akan mendapatkan hadiah jaket ekslusif edisi komunitas saat  pengiriman motor ke rumah.

Sumber Tulisan, Press Release PT Astra Honda Motor + foto bengkelsepedamotor

5 thoughts on “Honda Bikers Day 2012

  1. Aajang silaturahminya Bikers Honda dari sabang hingga marauke.. mantap AHM memang perhatian dengan Komunitas Honda mewadahi aktifitas loyal konusmen honda :D

  2. wow.. asiek ya bro .. yang luar biasa yang dari luar pula jawa juga pada ikutan tumplek bleg disana.. taun depan dimana lagi ya..?? klo di Papua gimna ya?? hehehehhe

    Rencananya tahun 2013 di Lampung

  3. wah …
    Honda Bikers Day ada di Prambanan..
    seru banget pastinya dan tempatnya keren !!!
    yang dari jauh bisa jalan – jalan donk…
    asyiknya!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s