Econo Riding Honda BeAT-FI

Sabtu 27 October 2012, bertempat di Sumarecon Mall Serpong bengkelsepedamotor mendapat kesempatan untuk ikut econo riding yang diadakan oleh Astra Honda Motor dalam rangka peluncuran The All New BeAT-FI.

Keiritan sepedamotor tergantung kepada banyak hal, namun gaya berkendara buka/tutup gas, dan penggunaan rem sangat berpengaruh kepada konsumsi bahan bakar, bengkelsepedamotor membukukan penggunaan bahan bakar pertamax 0,190 liter dengan total jarak tempuh 14 13,9 Km, jika dikonversikan mendapat konsumsi BBM econo riding 73,6 73,158 KM/liter

       pengendaraan dilakukan dengan cara menjaga kecepatan tetap konstan antara 30~40 km/jam sesuai petunjuk jarum speedometer, maksimal kecepatan econo riding adalah 60 km/jam, karena diatas kecepatan 60 km/jam hambatan angin akan meningkat drastis, sehingga diperlukan usaha lebih dari mesin untuk melawan hambatan angin yang berakibat bertambahnya konsumsi bahan bakar.

Menurut brosur cetak The All New BeAT-FI, konsumsi bahan bakar sepedamotor ini adalah 58 km/liter dengan cara test standar Internasional ECE R40 konsumsi bbm ini diklaim lebih irit 30% dibandingkan BeAT versi karburator, bahan bakar semakin irit dan juga polusi gas buang menurun.

Garis besar 1 siklus cara pengujian ECE R40 (emisi gas buang):

- Idling 0 km/h(mesin hidup tanpa digas)
– Akselerasi 0 km/h > 15 km/h
– Kecepatan konstan 15 km/h
– Deselerasi 15 km/h > 10 km/h
– Deselerasi 10 km/h > 0 km/h
– Idling 0 km/h(mesin hidup tanpa digas)
– Akselerasi 0 km/h > 32 km/h
– Kecepatan konstan 32 km/h
– Deselerasi 32 km/h > 10 km/h
– Deselerasi 10 km/h > 0 km/h
– Idling 0 km/h(mesin hidup tanpa digas)
– Akselerasi 0 km/h > 50 km/h
– Kecepatan konstan 50 km/h
– Deselerasi 50 km/h > 32 km/h
– Kecepatan konstan 32 km/h
– Deselerasi 32 km/h > 10 km/h
– Deselerasi 10 km/h > 0 km/h
– Idling 0 km/h(mesin hidup tanpa digas)

Total durasi 1 siklus = 195 detik, dengan speedometer akurat pada roller yang berhubungan dengan roda belakang.
Test dilakukan pada lingkungan yang dikontrol (bukan di jalan raya), diatas roller dengan suhu ruangan yang juga diatur, sehingga hasilnya sah bagi semua merek dan model sepedamotor.
Siklus test dapat diulang sesuai kebutuhan, untuk uji emisi gas buang standar EURO 2 diuji dengan total jarak tempuh 6 kilometer (2 kilometer pertama untuk pemanasan mesin, O2 sensor, coolant dll, 4 kilometer UJI EMISI).

Kesimpulan: Kalau mau cari sepedamotor irit, lihat dulu hasil test ECE R40 dan bandingkan antara pilihan-pilihan tersebut (angka makin besar = makin irit), kemudian gunakan gaya berkendara econo riding saat mengendarainya. Salut buat HONDA yang sudah mencantumkan hasil konsumsi BBM berdasarkan test ECE R40.

Catatan: Indonesia saat ini masih menggunakan standar test EURO 2, standar test EURO 3 rencananya akan diadopsi oleh Pemerintah Indonesia pada semester 2 tahun 2013 (Agustus), dan HONDA sebagai pelopor sepedamotor injeksi di Indonesia yang ramah lingkungan sudah siap EURO 3.

Berita terkait : http://www.astra-honda.com/index.php/berita/view/447

salam bengkelsepedamotor

                                            

13 thoughts on “Econo Riding Honda BeAT-FI

  1. Pingback: The All New Honda BeAT-FI Catat Rekor BBM Teririt 90,32 KM/liter | StephenLangitan.com

  2. Saya masih nyaman dengan yang versi karburator. Lagi pula kalau tukar-tambah juga akan tekor.
    Ngomong2 kalau pakai premium aman atau tidak mas? Kalau malah membuat mesin cepat rusak ya mending yang karbu sajalah. Ngirit pakai premium.

    Kalau menurut yang bengkelsepedamotor rasa (ngomong teknis pakai perasaan) premium tidak bersahabat untuk mesin, BBM non subsidi lebih sesuai, mesin lebih halus dan dingin.
    Secara teknisnya bisa dilihat dari perbandingan kompresi mesin, BeAT karburator maupun PGM-FI mempunyai rasio kompresi 9,2:1 silahkan pilih sendiri mau pakai Premium atau BBM non subsidi, pilihan ada ditangan anda.
    Salam bengkelsepedamotor

  3. yang ingin saya tanyaKAN:1. jarak tempuh 14 Km dgn komsumsi 90,32 km/liter ditempuh dgn waktu berapa lama?
    2. jarak tempuh kurang mewakili kondisi actual di jalan Raya dan kondisi sepi aktivitas.(serpong hari libur)?

    demikian mohon pencerahannya….

    Untuk yang hasil tes 90,32 km/liter saya tidak tahu berapa lama waktu tempuhnya, ini adalah “Econo Riding” banyak variabel yang mempengaruhi hasil konsumsi BBM.
    HONDA All New BeAT – FI sudah mencantumkan hasil tes BBM yang dapat dipertanggung jawabkan secara teknis yaitu dengan metode ECE R40 diperoleh hasil 58 km/l, jika mau membandingkan konsumsi BBM dengan merek lain gunakan konsumsi BBM dengan metode ECE R40 juga(lihat tulisan diatas metode ECE R40).
    Semoga dapat memberi pencerahan.
    Salam bengkelsepedamotor

  4. paling gak sukanya sama AHM tuh gini.

    hasil lomba irit di buat iklan di tipi.

    bahkan ada blogger ternak yg memberi judul “beat memecahan rekor irit” (pada hal kan lomba lama-lama’an ngabisin bensin).

    saya salut sama blog “bengkel sepeda motor” netral

  5. “Kalau menurut yang bengkelsepedamotor rasa (ngomong teknis pakai perasaan) premium tidak bersahabat untuk mesin, BBM non subsidi lebih sesuai, mesin lebih halus dan dingin.
    Secara teknisnya bisa dilihat dari perbandingan kompresi mesin, BeAT karburator maupun PGM-FI mempunyai rasio kompresi 9,2:1 silahkan pilih sendiri mau pakai Premium atau BBM non subsidi, pilihan ada ditangan anda.”

    Dua Minggu lalu saya membeli Yamaha Mia J teen warna Hitam. Pada saat ingin membeli pertamax (non-subsidi) Tangki Bensinya sudah habis. Jadi saya hanya isi dengan benin (premium). Setelah premium tersebut habis dalam 4 hari kemudian saya isi dengan pertamax full tangki. Kemudian kemarin (minggu 26 Nov 2012) saya isi untuk yang ketiga kalinya pakai bensin lagi.

    Pertanyaan saya:
    1. Apakah bisa (tidak apa2) kalau saya sesekali mencampur antara premium dengan pertamax? Kalau bisa gimana sebaikmya rasio campuranya, pertamamax berapa liter dan premium berapa liter?

    Untuk mesin injeksi sebaiknya pakai pertamax pembakaran lebih sempurna dan injector juga bersih (kalau mau campur juga bebas, rasio bebas nanti malah repot)

    2. Untuk matic injeksi apa yang harus diperhatikan supaya mesinya tahan lama?

    Ganti oli mesin dengan teratur dengan oli mesin yang baik

    3. Yamaha Mio J teen mempunyai rasio kompresi brapa?

    Menurut situs YAMAHA perbandingan kompresi Mio-J 9,3:1

    Terima kasih dan saya nanti jawaban agan.

    Terimakasih,
    salam bengkelsepedamotor

  6. test yang sesungguh nya sebenernya bukan pake ece r40 atau lain nya .. test yang sebenernya ya test di jalan raya biasa seperti kita pake pada saat jam kerja senin-jumat di jam kita berangkat dan pulang kerja .. itu lebih baik hasil nya dan lebih real .. kalu mau di klaim jadi motor teririt juga pasti konsumen acungkan jempol , karena test nya benar2 real seperti yang konsumen alamin setiap hari .. jadi jangan asal klaim irit dengan test ece r40 atau test jalanan tapi dikawal polisi .. justru yg irit lebih nyata adalah irit yang di test pas hari biasa kita kerja, ngelewatin macet dan lain2 .. itu lebih nyata irit nya ..

    thx

  7. bos tau ga oli tambahan yang cocok buat motor beat fi
    soalnya motor baru ku oli nya baru setengah bulan udah mau abis
    tolong masukannya gan””
    makasih

    Tambah pakai oli AHM yang untuk matic, JASO MB.
    Terimakasih
    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s