Sepedamotor Injeksi lebih mudah dari Karburator

Sepedamotor dengan sistem bahan bakar Injeksi lebih sulit atau rumit ? jawabnya TIDAK. Sepedamotor dengan sistem bahan bakar injeksi membutuhkan perawatan yang lebih sederhana dibanding sistem bahan bakar karburator, ingat sepedamotor Injeksi yang berbeda cuma SISTEM BAHAN BAKAR, sistem yang lain masih sama, kalau ban kempes ya dipompa, mau belok ya pencet saklar sein untuk aba-aba kemudian kendalikan setang/sepedamotor, mau berhenti ya tekan/injak rem, konstruksi mesin pun masih sama, perlu setel klep dll, sesuai jadwal perawatan.

Teknologi dibuat untuk mempermudah kehidupan manusia, dan teknologi selalu berkembang ke arah yang lebih baik, lebih mudah untuk digunakan, sistem bahan bakar injeksi juga sudah berkembang sedemikian jauh, dari mulai injeksi manual, sama seperti kaburator namun menggunakan bahan bakar yang bertekanan. Keuntungan bahan bakar bertekanan ialah ruang aliran bahan bakar (intake manifold) tidak perlu dibuat menyempit (VENTURI) untuk menurunkan tekanan (vakum) supaya bensin dapat masuk ke intake manifold. Jadi dengan sistem bahan bakar injeksi efisiensi pemasukan ke ruang bakar (VE) lebih baik dibandingkan karburator.

Saat teknologi elektronik semakin berkembang maka injeksi manual pun beralih ke injeksi yang dikontrol oleh perangkat elektronik, tekanan bahan bakar dapat lebih tinggi, hasilnya dengan injektor yang berkualitas baik campuran bahan bakar yang akan masuk kedalam mesin semakin homogen, molekul campuran udara dan bahan bakar semakin siap untuk dibakar/diledakkan didalam mesin. 

Fuel Injection PGM-FI

Featured imageHonda sebagai salah satu produsen sepedamotor di Indonesia sudah mulai memperkenalkan sepedamotor Injeksi di Indonesia sejak tahun 2005 dengan model Supra X 125. Honda sudah mulai menerapkan sistem injeksi bahan bakar di sepedamotor sejak 1982 pada model CX500Turbo.

Sabtu kemarin bengkelsepedamotor mendapat kesempatan untuk belajar tentang sistem Injeksi yang diterapkan pada sepedamotor Honda Vario 125 PGM-FI, sistem ini sudah sampai pada generasi ke 4, dengan otak komputer yang semakin canggih, perawatan injeksi cuma mengganti filter bensin, setelah mencapai jarak 48.000 km.

Injector juga tidak perlu dibersihkan secara berkala (bensin Premium Indonesia sudah baik dan ramah lingkungan, tanpa timbal) seperti spuyer pada sistem karburator, ada garansi 5 tahun komponen injector dari Astra Honda Motor, kalaupun sampai bermasalah setelah 5 tahun bengkelsepedamotor merekomendasikan untuk ganti injector baru, bukan dibersihkan. Berdasarkan pengalaman masalah utama sistem injeksi adalah koneksi (sambungan kabel lepas, kotor, atau konslet) antara injector sensor-sensor dan ECU, sedangkan unitnya: ECU, sensor-sensor, injector, semua tahan banting, sudah diperhitungkan untuk bekerja pada kondisi kerja di sepedamotor.

Fuel Injection di bengkelsepedamotor

bengkelsepedamotor™  , sudah praktek servis sepedamotor injeksi sejak 1998 (sakit kepala kalau dapat model injeksi tahun 1996, sampai ada yang dari injeksi dirubah kembali ke karburator) sudah menulis di blog tentang sistem bahan bakar injeksi untuk sepedamotor sejak 2007 yang mau tanya-jawab perawatan sistem injeksi silahkan klik bengkelsepedamotor(facebook page) kita sama-sama belajar untuk menurunkan emisi gas buang dan membuat Indonesia tetap HIJAU

salam,
bengkelsepedamotor

>>> JANGAN PENCET KLAKSON DI LAMPU MERAH <<<