DIY – Bracket Rem Depan

Sempat tiga bulan si Kurus jalan-jalan tanpa rem depan (jangan ditiru yah), mau beli yang baru belum ada alokasi dananya, jadi cari sana-sini deh ,nggak usah di klik nggak ada linknya koq :P

Ada satu sepedamotor lainnya (bekas juga), ada rem depan dan belum bisa jalan-jalan, ambil kalipernya ah, tapi nggak bisa dipasang juga karena bracketnya beda, karena ini proyek ngirit jadi cari sana-sini yang gratis bagus (banyak maunye yah) akhirnya pucuk dicinta ulam tiba, pas mampir di HOT PIPES ada sprocket belakang KTM (cling ada bohlam ide diatas kepala bengkelsepedamotor GRATIS), nah ini bagus nih buat bracket, yang jelas minta bukan beli entar mahalan bracketnya, cari yang bekas aja yang giginya sudah lancip, Terimakasih Bro T alias Mr.Gendeng, kamu baik deh.

Diukur sana-sini cari posisi yang pas yaitu kampas rem semua bagian menempel pada cakram rem, dan bisa buat lobang diantara lobang-lobang asli yang sudah ada, TIPS: Buat posisi kaliper sedekat mungkin dengan garpu depan agar tidak terjadi lenturan pada bracket saat pengereman.

Digergaji pakai gergaji besi, bor ukuran 8mm, 7mm, Tap M8x1.25 (untuk drat pin kaliper) akhirnya jadi deh seperti ini.

Akhirnya si kurus ada rem depannya, makin yakin melaju dengan si kurus, irit total biaya = 0 rupiah + rajin :P (kaliper bekasnya yang mahal karena ada bonus sepedamotor)

Salam,
bengkelsepedamotor

HOME

ARSIP

20 thoughts on “DIY – Bracket Rem Depan

  1. wah itu Mega Pro punya yah, forknya

    Sepertinya iya, dapet dari Mas Taufik sudah seperti itu, forknya Mega Pro tapi saya dapet kalipernya GL Pro itu pun dengan braket sebelah kiri karena forknya katanya punya TS ???

  2. fork yang mana mas? punya TS? bukannya teromol ? (tanpa dudukan)
    oh ya, pasang cakram gimana ya om?

    Rem Teromol ke Cakram, Rem Cakram ke Teromol walaupun nggak ada dudukannya kalau di Indonesia apa juga bisa yang penting rajin :D, mesin SOHC saja bisa dirubah jadi DOHC.
    Mau saya buatkan bracket untuk pasang rem cakram, sebelah kiri atau kanan ?
    Salam Cakram,

  3. gak kebayang..gorok sproket buat dudukan kaliper….kalo ada waktu di stamp SNI bro….Wkwkwkwk… by the way its a good job….

    Terimakasih Bu Martini, salam hormat.
    Mudah-mudahan bermanfaat, atau menjadi inspirasi… salam.

  4. Mas bro bengkel sepedamotor mohon petunjuk
    aku kemarin beli motor smash lansiran 2005 seharga 3,5 jt semua ok banget kecuali rem depan, ditekan keras banget dan tidak pakem. kucoba bongkar dan ternyata kampasnya msih baru, kucoba hidroliknya ternyata ok bisa mompa dan narik lagi, kulihat disk cakramnya ternyata udah kemakan, pertanyaannya kenapa rem ditekan keras kaya udah mentok tapi nggak pakem? apa karena mentok pada bagian agak tengah cakaram yang nggak ikut terkikis yah karena bagian pinggir terkikis sekian mili sehingga kampas rem mengapit tengah doang dan tidah mengenai pinggir cakaram yang terkikis sehingga tak mampu menahan laju motor karena gesekan antara cakram dan kampas terlalu sedikit sebatas yang di tengah aja, yang pinggir tak tergesek kapas rem gitu, makasih sebelumnya.

    Kemungkinan karena bagian yang bergesek tidak 100% menempel pada luas bidang kampas rem, jadi tidak pakem, sudah mentok tapi misalnya hanya 10% yang bergesekkan.
    TIPS: Sepedamotor baru jangan direm mendadak pada 300km pertama supaya kampas >< cakram dapat berpasangan dengan baik, demikian juga saat mengganti dengan kampas yang baru lakukan hal yang sama.
    Kalau cakram sudah beralur/terkikis akan semakin lama berpasangannya, mungkin sudah waktunya cakram diganti :( , cakram baru – kampas baru, lakukan tips diatas :)
    salam,
    bengkelsepedamotor

  5. eh..bro aseen…borong rondo juga ya? cek aja ketebalan cakram..kurang dari 3mm dilem biru! dah ganti minyak hidroliknya lum…ati2 aja ada gelembung udara didalamnya (kata orang bengkel angin palsu)…trus yang asli kayak apa ya?! pakai minyak yang belum dibuka kalo mo diganti, soale sifatnya hidrolik oil itu higroskopis (nyerap air)……..moga2 dapt membantu…just share….

    Hati-hati Bu Martini, saat dilem(par) nanti kena tetangga :)
    Cairan rem diganti setiap 2 tahun sekali dan bersihkan Master Rem dan Kaliper (dibongkar) karena air yang ada didalam dapat menimbulkan karat, tidak cukup hanya dengan dibilas.
    Kalau tidak mau yang tidak higroskopis (karena bahan dasar glycol/alkohol), pakai cairan rem yang menggunakan bahan dasar silikon (syarat dan ketentuan berlaku).
    Terimakasih Bu Martini, komentarnya sangat membantu.
    salam,
    bengkelsepedamotor

  6. @martini
    makasih sebelumnya, tapi kok nggak bikin blog motor aja yah buk kan banyak pengalaman di motor, oke balik ke disk,
    angin palsunya udah dikeluarin buk, tapi untuk ukur cakaramnya belum, ter deh tak coba ukur pake jangka sorong

  7. udah banyak master2 korek di negri ini….dari dulu emang suka korek mesin, terutama suami jadi sedikit tahu…..tapi sekarang dah pensiun…soale ada kejadian yang gak enak dihati…hhehehe…

  8. salam kenal. oomm mau tanya tanya nih kalo cara2x mau bongkar pasang v bel nya motor beat macemana dan apa aja yg di bongkar ya tolong pencerahanya makasih sebelumnya

  9. salam kenal suhu-suhu semua,. mohon pencerahannya, saya sedang ngebangun sepeda gowes rakitan pakai mesin 380 cc bekas traktor, frame pake pipa galvanis PDAM) , poroknya pake model girder, tromolnya depan belakang pakai tromol supra standar (lumayan bubut sana-sini), cuma bingung soal sistem rem, pengennya sih pake rem cakram, ada masukan dari suhu semua soal optimasi pemasanga kaliper yang benar,..
    terima kasih atas bantuannya

  10. kalau bracket cakram belakang untuk supra fit 2004 desainnya gimana ya.
    mohon bantuannya, aku mo pasang cakram belakang supra fit tapi tanpa ganti swing arm.

    Silahkan lihat cakram belakang HONDA Supra X 125

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s