Sepedamotor bahan bakar air

bahan-bakar-air

Saat ini dengan harga bahan bakar minyak yang semakin melambung tinggi maka pemilik kendaraan bermotor berusaha mencari bahan bakar alternatif yang lebih murah.

Banyak yang menawarkan bahan bakar tambahan/suplemenyang dihasilkan dari hasil olahan air, ya air dapat digunakan sebagai bahan bakar karena… kembali ke bangku sekolah bahwa air mempunyai nama kimia H2O.

H adalah hidrogen bahan yang mudah terbakar, terbukti pada peristiwa sejarah dimana Hindenburg sebuah balon udara yang berisi hidrogen musnah terbakar.

O adalah oksigen dimana setiap proses pembakaran membutuhkan oksigen, tanpa oksigen tidak ada pembakaran.

Nah kalau memang air dapat dirubah jadi bahan bakar kenapa ya koq masih saja orang menggali bumi untuk mengambil minyak bumi, padahal kan mahal dan biasanya yang menggali perusahaan asing, harus bayar mahal untuk tenaga ahli asing, padahal air yang bisa jadi bahan bakar ada dimana-mana kenapa ?

Ternyata untuk mengambil Hidrogen dari air dan memisahkannya dari Oksigen saat ini membutuhkan energi yang besar apapun caranya yang pada akhirnya walaupun harga BBM cukup tinggi tapi masih lebih murah dibandingkan biaya untuk memproduksi Hidrogen jadi sementara ini beli bensin aja, masih lebih murah koq…

Hidrogen saat ini dihasilkan dengan cara menggali bumi dan mengambilnya, gampang kan tinggal ambil, walaupun harus bayar peralatan dan insinyur asing masih tetap lebih murah daripada buat Hidrogen dari air.

Mudah-mudahan dapat ditemukan alat sederhana yang tidak membutuhkan banyak energi untuk menghasilkan energi (Hidrogen), tapi seperti pepatah mengatakan ada rupa ada harga, tidak mungkin menghasilkan sesuatu dari sesuatu yang tidak ada.

Jika ingin menghitung hemat atau tidak, bukan cuma soal 1 liter bensin dapat menempuh berapa kilometer, tetapi berapa total biaya yang anda keluarkan untuk menempuh suatu jarak tertentu, saat ini harga yang paling murah ya dari bensin yang katanya mahal itu, ditambah alat pengirit apapun atau ditambah Hidrogen hasil dari air hasilnya malah justru lebih mahal.

Untuk menempuh jarak 500 kilometer, sepedamotor anda membutuhkan 10 liter bensin, dengan sepedamotor yang sama anda memberi “vitamin”, Hidrogen dari air, dan lain sebagainya sehingga untuk menempuh jarak yang sama 500 kilometer hanya menggunakan 1 liter bensin saja.

Pertanyaan sederhana, apakah biaya tambahan supaya menjadi sepedamotor irit bensin tersebut lebih murah dari harga 9 liter bensin ?????

Kalau memang sudah ditemukan cara yang murah untuk memproduksi Hidrogen dari air, sekali lagi dari AIR, maka saya akan berhenti kerja dan produksi Hidrogen dari air di rumah, dijual dalam bentuk tabung bersaing dengan ELPIJI, buat ibu-ibu memasak dirumah, dan bahan bakar sepedamotor saya.

salam bengkelsepedamotor

HOME

ARSIP

23 thoughts on “Sepedamotor bahan bakar air

  1. Keduak..baru baca ah..

    owya,mungkin mahal jg krn kalau air di negara lain mahal2 om,gak kayak di marih..
    Mungkin krn tdk ada sumber mata air,shg kebanyakan dr mereka tak jarang mengambil air dr destilasi air lautt..
    Nice info..

    Kalau pakai air laut malah bisa dapet Hidrogen, Oksigen, plus Garam, komplit deh dapurnya.
    Tapi sementara ini semua cara/proses yang telah ditemukan maupun masih dalam riset masih lebih mahal (walaupun airnya gratis) dibandingkan beli Gas Elpiji ataupun Bensin.
    Terimakasih,
    salam bengkelsepedamotor

  2. mmm…
    saya rasa tujuan kendaraan bermotor bahan bakar air bukan cuma untuk “ngirit” aja, tapi juga untuk lingkungan… :D

    Betul, setuju Hidrogen bersahabat dengan lingkungan, saya juga mendukung penggunaan Hidrogen sebagai bahan bakar, masalahnya adalah bagaimana menghasilkan Hidrogen yang aman dan murah.
    Terimakasih sudah mampir dan berkomentar,
    salam bengkelsepedamotor

  3. untuk mendapatkan gas hidrogen dari air kalo ga salah perlu energi listrik…
    supaya murah, perlu suplai listrik yang gratis dulu misal dari panel surya/kincir angin…
    perlu invest alat juga kayaknya, di luar modul ektrolisis airnya sendiri…

    Setuju, jangan listrik yang bayar yang dipakai nggak balik modal tuh…
    salam bengkelsepedamotor

  4. Itu sebuah tantangan yang mestinya memacu kita untuk membuktikan. Segala sesuatu yang dibuat oleh manusia berawal dari ide.
    Kalo diitung dengan cara biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi apakah sebanding dengan pengiritannya ya tentu saja butuh waktu untuk balik modal. Pabrik motor aja nggak lansung untung begitu bisa menjual motor pertamanya. Itu namanya investasi !!!.
    Apalagi untuk riset dan percobaan. Bayangkan berapa biaya yang dihabiskan Thomas Alfa Edison untuk bola lampu yang kita nikmati hingga hari ini ??
    diam saja tidak jelek, tapi secuil perbuatan yang bermanfaat akan lebih baik.
    Steam reformer saat ini menjadi pilihan untuk memproduksi hydrogen dengan skala besar, dan elektrolysis mulai ditinggalkan seiring tingginya harga listrik.
    Kalau bisa dibuat mini H2 elektroliser yang memanfaatkan listrik sisa*, itu tantangannya.

    *)listrik sisa = Dalam kenyataannya pada sepeda motor/mobil listrik yang diproduksi sepul pengisian aki/alternator tetap menghasilkan listrik walaupun aki sudah penuh

    Saya tidak anti bermimpi dan berinvestasi, namun mencoba mengingatkan investasi juga tidak sembarangan, apa iya kalau mau beternak kelinci yang dibeli topi tinggi warna hitam dan tongkat?
    Kalau memang menguntungkan pasti sudah dibuat oleh produsen sepedamotor, contohnya turbo, meningkatkan efisiensi langkah isap, dengan tenaga sisa dari gas buang tetapi akhirnya tidak dipasang pada semua sepedamotor.
    Terimakasih, salam bengkelsepedamotor

  5. Itu pan gampang, utk membuat alat pemisah atom hidrogen n atom oksigen hanya d butuhkan aliran listrik. H n O2 mempunyai reaksi terhadap beberapa metal n mampu memisahkan atom2 tsbt …

    Teorinya sih iya…. salam bengkelsepedamotor.

  6. seandainya gw bisa ngerubah air jd bbm, pasti gw akan senag bngt spaya gw ga usah bli lg yg namanya bensin.tlng kshi tau resepnya dong,

    Banyak resep yang sudah tersedia, namun belum ada yang manjur, air bukan sumber energi tetapi mengandung energi, sementara ini (optimis suatu saat akan ditemukan caranya) untuk mengeluarkan energi yang dikandung oleh air (Hidrogen) membutuhkan energi yang lebih besar lagi.
    Jadi daripada mengeluarkan energi yang besar untuk mendapat hirogen dari air yang kalau dibakar menghasilkan energi yang lebih kecil sementara ini mending beli bensin saja dahulu.
    Terimakasih, salam bengkelsepedamotor.

  7. pada dasarnya tiap materi itu mengandung energi (E = M.C^2)…jadi ya tinggal tunggu waktu aja sampe manusia bener2 berfikir dan akhirnya banyak tercipta energi alternatif

    Berpikirnya sudah, teorinya juga sudah, prakteknya yang belum bisa, seperti teori rumus yang anda tulis diatas, teorinya bener (memangnya saya siapa berani menyangkal teori tersebut), cuma prakteknya siapa yang sudah pernah coba kecepatan cahaya.
    Teori lagi nih, setelah dihitung, ternyata hasil bumi cukup untuk makan semua orang yang mendiami bumi, tetapi pada prakteknya masih ada manusia yang kelaparan.
    Terimakasih, berpikir positif terus suatu saat nanti semua impian bisa tercapai, salah satunya ada damai di bumi.
    Salam bengkelsepedamotor.

  8. Jadi inget kasus kemaren yang sempet heboh itu…..ada yg mengklaim nemuin bahan bakar air ternyata hoax n akhirnya urusannya ama polisi……….Kalo saya ga salah Honda punya mobil yang dah pake hidrogen…kalo ga salah namanya honda FCX

    Betul, produsen otomotif juga tidak tinggal diam tentang bahan-bakar hidrogen, apalagi kalau ada sampai yang menyatakan bahwa pengembangan penggunaan Hidrogen dihambat oleh negara-negara produsen minyak, konspirasi, dll, itu tidak benar.
    Sederhananya produsen utama produk otomotif adalah Jepang dan Jepang tidak punya minyak.
    Honda sedang mencoba dengan Hidrogen, bukan bawa-bawa air untuk dirubah jadi Hidrogen :D.
    Terimakasih infonya, salam bengkelsepedamotor.

  9. syg nya impian ini masih jauh.. coba googling: “blue energy”

    kala itu seorang bernama joko suprapto sempat membikin gempar dg mengaku bisa mengubah air menjadi bensin. temuannya ia namakan blue energy/ banyu biru (?)
    tapi sayangnya ia hanya seoarang *** yah di search sendiri aja beritanya.

    tidak sesederhana itu mengubah mata rantai H dan O2 menjadi senyawa hidrokarbon CxHn.
    dibutuhkan katalis yg entahlah kapan bisa ditemukan (hehe udah ditemukan belum ya?) masih lebih sederhana mengubah air menjadi hidrogen dengan di elektrolisis (benerga namanya?). itu sudah banyak dipraktekkan dengan air dimasukkan di tabung yg didalam tabung dikasi kumparan kawat yg kemudian dialiri listrik, coba googling sendiri.

    nah klo hidrokarbon yg terbentuk dari micro organisme, maupun tumbuhan, yang kemudian terawetkan (terhindar dari oksidasi) dan terpendam di dalam bumi dengan suhu & tekanan tertentu selama jutaan tahun.. bisa dengan sederhana dibuat dari air yg dikasi katalis… hmm, luar biasa bagi penemunya, pantas mendapat nobel kali ya :)

    yg jelas sekarang minyak&gas sudah semakin sulit ditemukan, saya yakin masih ada, cuma semakin sulit aja nyarinya..

    nah makanya perlu nyari energi alternatif. yg paling dekat menurut saya ya biometanol dari tanaman jarak. nah sekarang masalahnya ya tinggal dukungan teknologinya yg harus ada.. karena jaman dulu tuh kereta uap/mobil uap yg memakai batubara trus pindah ke bensin, bukan karena batubaranya yg mau habis, tapi dukungan teknologi thd bensinyya itu yg sangat berkembang sampai dengan skrng. jadi sudah saatnya produsen mobil&motor/teknologi lainnya terus menerus mengembangkan mesin yg dapat ditenagai dg energi alternatif ini :)

    btw tambahan aja.. di jepang ada lapangan gas (minyak?) tapi tidak besar..

    Iya, buat sepedamotor saya pilih beli bensin saja… kalau bawa air ya untuk saya minum.
    Terimakasih masukkannya, salam bengkelsepedamotor.

  10. Pendapat saya sich pemerintah harus memulai menggunakan nuklir, meski pro k0ntra tapi dengan secuil atom bs menghasilkan energi dengan emisi co yang hampir tdk ada, cm sampah radioaktifnya, jd inget prnh bc submarine nya rusia yg jd pembangkit listrik darurat, tp tetep punya energi tuk berlayar sekian tahun tanpaisi bhn bkr.
    Lo maslh lìstrik kelar, eco friendly elctricbike spt mission one bkn hal sulit dwujudkan.

    Nuklir memang energi yang menjanjikan, namun harus disiplin mengolahnya… terimakasih komentarnya, salam bengkelsepedamotor.

  11. Dapatkan informasi menarik tentang dunia yamaha
    di yamaha-friends.com dan bergabunglah dengan
    komunitas yamaha khususnya di jatim, kalimantan
    dan nusteng dan di seluruh nusantara pada umumnya
    bisa juga lewat facebook di……….
    Yamahandfriends@gmail.com

    Ayo silahkan mampir ke YAMAHA-FRIENDS

  12. Ketika lampu pijar menyala bisa menerangi ruangan anda sekarang, tidak ditemukan begitu saja, mahal biaya ujicobanya, panjang prosesnya, tepapi sang penemunya tidak menyerah seperti anda (bengkel sepedamotor). experimen itu perlu dana, pengetahuan itu mahal, keberhasilan itu sulit, tidak semudah mencari telur.
    Siapa bilang air murah?
    Sekarang ini memang belum ada yg bisa mengubah air jadi bahan bakar secara langsung, tetapi dengan beberapa uji coba yg telah dilakukan oleh berbagai pihak, sudah bisa mengextrak hidrogen dari air, karena hidrogen sangat banyak dikandung oleh air, itu tak bisa dipungkiri.
    Berapa biaya yg dipbutuhkan, itu persoalan lain. Artinya yg perlu dipikirkan bagaimana cara murah untuk memproduksi hidrogen dari air, itu yang perlu dipikirkan. Dan untuk itu perlu waktu, perlu biaya, perlu pemikir pemikir intek yg tdk mudah patah semangat.
    Coba anda berpikir, klo persediaan minyak fosil habis dari perut bumi, berapa uang anda akan membeli bensin fosil, dan dimana anda mendapatkannya.
    Untuk itu marilah kita berpikir positip. Jangan patahkan semangat mereka yang mau berkarya.
    Klo anda tdk mau menyumbang dana, Beri dukungan kepada mereka yang melakukan uji coba.

    Maaf bukan maksud saya mematahkan semangat para penemu, karena pemikir/penemu sejati tidak pernah putus asa, apalagi cuma gara-gara baca tulisan saya Penemu/Ilmuwan tidak memakai mimpi, tetapi imajinasi dan logika.
    Saya cuma berpikir logis (hasil baca di wikipedia dan sumber-sumber lain di internet) kalau untuk membakar sempurna hirogen memang perlu jumlah setengah dari bensin, artinya perlu ukuran tangki hidrogen setengah dari ukuran tangki bensin sekarang, namun kalau untuk menghasilkan panas yang sama (motor bakar merubah energi kimia menjadi energi panas, kemudian energi panas menjadi energi gerak) butuh tangki dengan ukuran tiga kali lipat lebih besar dari tangki bensin yang dipakai sekarang. Ini yang tidak masuk logika saya koq bawa air (bukan hidrogen lho) tidak sampai satu liter trus disetrum koq bisa irit BBM.

    Hidrogen lebih efisien jika dari

      energi kimia

    dirubah menjadi

      energi listrik

    kemudian

      energi gerak

    salam tetap semangat dari bengkelsepedamotor.

  13. boss bisa air jdi bahan bakar kenderaan
    caranya ….kenderan di dayung…air jadi bahan bakar
    org yg mendayung…biar hilang dahaganya….heheheheh mantap bro…………..

    Terimakasih…. :D

  14. Tapi aku lihat memang banyak yang ketipu di sekitar Jogja. Bahkan pernah masuk otomotif. Kalau nggak salah dia pakai *ajaj.

  15. @ jeng kelin : metanol (CH3-OH) g ada yg bs dibqn bio bro…cm bs dr minyak bumi, klo bio plg mentok ya bio etanol (C2H5-OH)

    @ mr.damai & yg pny warung : justru ilmuwan sukses berawal dr mimpi & imajinasi, berpikir kreatif & think different hehe…suatu saat pst lah bakal ada teknologi2 canggih lain,masalahnya skrg era nya bisnis pakdhe…olahraga yg dl murni sesaji bwt dewa2 bangsa yunani-skrg uda jd lahan bisnis..liatlah sepakbola,motogp,F1,dll aplg mslh sensitif spt energi ini, intinya gini klo proses2 teknologi itu dipilah2 dl oleh yg pny modal yg pny duid..antara mungkin & tidak mungkin..lalu dipilah lg logis / tidak logis? trs dipilah yg terakhir feasible / tidak feasible? misal membuat garam (NaCl) dari larutan NaOH dengan HCl bisa tdk?ya bisa…tp tidak feasible krn jauh lbh murah membuat dr air laut drpd dgn larutan td
    mungkin suatu saat klo pilihan terakhir adl teknologi energi dr air..br dipk y mgkn saja.
    semoga membantu..salam

  16. Melihat tulisan si mas bengkel motor ini memang nampak jelas klo beliau emang pro banget sama bbm konvensional ( kerjanya sampingannya di pabrik bensin kali ya…becanda).
    Memang untuk mengubah sesuatu yg sudah menjadi budaya dan malah jadi tempat menggantungkan hidup dari golongan tertentu memang sangatlah sulit , pasti banyak halangan dan rintangan umtuk merubahnya.
    Perubahan tidak bisa dengan tiba2 karena akan banyak pihak yg akan merasa dirugikan tapi perubahan besar itu berawal dari hal2 kecil dan sederhana.
    Pada tulisan ini seakan mas bengkel udah sangatlah paham tentang pembentukan hidrogen sebagai bahan bakar alternatif ,apakah mas bengkel sudah pernah melakukan research atau percobaan yg lebih jauh yg notabene menghabiskan dana yg tidak sedikit.

    :) Paham kan tidak selalu karena sudah saya sendiri yang coba, sudah ada yang coba dan sudah dibagikan waktu di bangku sekolah, elektrolisa air untuk menghasilkan hidrogen memerlukan energi yang besar.

    Jadi janganlah berasumsi negatif dulu tentang isue Hidrogen sebagai bahan bakar alternatif.
    Pabrikan otomotif besar dan ternama saat ini pun sedang terus melakukan riset tentang bahan bakar hidrogen ini, teknologi & pengalaman didunia otomotif bahkan dana yang tak terhitung nilainya sudah mereka keluarkan tapi mereka tidak pernah mengatakan tidak mungkin.
    Suatu saat impian ini pasti akan menjadi kenyataan dan tugas kita gak perlu susah mikirin prosesnya yg sangat pelik cukup dukung dan support mereka2 yang bergelut dibidang ini.

    Saya sangat support bagi yang mau riset bahan bakar alternatif, teknologi baru dan lain-lain.
    Yang saya tidak support adalah yang menyatakan Hidrogen lebih murah, sepedamotor dipasang botol isi air jadi irit dan murah.
    Segala sesuatu mungkin, yang ditanyakan adalah biayanya murah atau tidak?
    salam bengkelsepedamotor

  17. buat hidrogen cara gw.. Motor bensin campur air.. Caranya asupan bensin ke karburator tetap sama..yg beda pemasukan udara ke karburator.. masukkan air dlm botol, beri sekat kawat nyamuk kasa stenlies, 2 buah.. yg satu (+), satunya (-). sambungkan ke arus listrik accu.. beri selang pd ujung botol, tutup botol di tutup rapat dng sealend.. ujung selangnya masuk ke karburator. atau saya namakan hidrogen murni..

  18. pinteran mana bethoven dan Einstein
    jawabannya bethoven.
    klo ga ada bethoven, ga bakal ada sympony 9.
    klo ga ada Einstein tetep ada e=mc2
    karena semua sudah ada di alam, tinggal tunggu aja siapa yang menguraikan.
    demikian juga BBH (bahan bakar hidrogen). tinggal tunggu siapa yang bisa mengurai.
    upss.. teorinya udah ya… tinggal gimana bisa produksi secara murah.
    TUNGGU AJA TANGGAL MAINNYA
    1 tahun lagi…
    10 tahun lagi…
    100 tahun lagi….
    who knows..

  19. numpangh nongol, …… ladhalah….ayo…ayo… bersama kita berksperiman gimana cara buat bbm alternatif murah, ramah lingkungan n hemat biaya…..betul…betul…betul…(kata si upin) siapa mau bergabung sama kita dlm experimen bbm ramah lingkungan(pemula-manula)? tinggal tentukan waktu tempat dll
    langsung aja ane inspiratori ente-ente tinggal tentuin pos pos mana mau di isi;
    bag info (tugas mencari info berkaitanbbm alternatif ini butuh banyak personal, 1 2 gak papa yang penting dpt info yang banyak , kita d jogja) stlah dapat kabari yang lain pada temen2x yang mau gabung ini, sudah gitu prasarana pndukung apa saja yang di butuhkan(sesui kemampuan finansial)kalo ini dah spakat tinggal jalan, ente-ente siap call. 08175483409 bila alloh taala mengizinkan proyek ini harus di sepakati untuk berjuang di jalan alloh. wasolallohuala nabiyyina muhammadin wa ala alihi wa sohbihi wasallam.

  20. mungkin bisa,,tapi???

    BISA, bengkelsepedamotor tidak menyatakan tidak bisa, cuma sekarang ini belum ekonomis, hitung-hitung masih lebih murah bensin sebagai bbm daripada air sebagai bahan bakar.

  21. Hidrogen dari air bisa kok, saya pernah kerja di PLTU ada namanya Hydrogen Generator menghasilkan Hydrogen dari air untuk sealing generator.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s