FUEL INJECTION

EFI – ELECTRONIC FUEL INJECTION

bengkelsepedamotor ecu 01

efi2.jpg

Berbagai macam cara dan usaha yang dilakukan untuk mengurangi kadar gas buang beracun yang dihasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor seperti penggunaan BBM bebas timbal, penggunaan katalis pada saluran gas buang, dll.

Sebagaimana mesin 2 langkah yang harus digantikan oleh mesin 4 langkah, sistem karburasi manual akhirnya juga akan digantikan oleh sistem karburasi digital.

Sistem injeksi bahan bakar elektronik (karburasi digital) sudah mulai diterapkan pada mesin sepedamotor, perlahan tapi pasti akan menggantikan sistem yang sudah lama bertahan yaitu karburator (karburasi manual)

Karena mesin sepedamotor merupakan kombinasi reaksi kimia dan fisika untuk menghasilkan tenaga, maka kita kembali ke teori dasar kimia bahwa reaksi pembakaran BBM dengan O2 yang sempurna adalah 14,7 bagian Udara berbanding 1 bagian BBM dalam ukuran perbandingan berat, bukan volume.

Teori perbandingan berdasarkan berat jenis unsur, pada prakteknya perbandingan diatas (AFR – Air Fuel Ratio) diubah untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar atau konsumsi BBM yang ekonomis.

Karburator juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kondisi perbandingan sesuai teori kimia diatas namun dilakukan secara manual.

Karburator cenderung diatur untuk kondisi rata-rata dimana sepedamotor digunakan sehingga hasilnya cenderung kearah campuran BBM yang lebih banyak dari kebutuhan mesin sesungguhnya (emisi tinggi, tapi aman buat mesin tidak overheat).

Untuk EFI karena diatur secara digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan sepedamotor ECU akan mengatur supaya kondisi AFR ideal tetap dapat dicapai. Contohnya: Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika sepedamotor digunakan siang hari dibandingkan malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah pasokkan BBM tetap (ukuran jet tidak berubah).

Hal ini tidak terjadi pada sistem EFI karena adanya sensor suhu udara (Inlet Air Temperature) maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi).

Jadi sepedamotor yang menggunakan EFI digunakan siang atau malam tetap optimum alias tenaga tetap sama.

Perbedaan utama Karburator dibandingkan EFI adalah:

Karburator                             EFI
BBM dihisap oleh mesin         BBM diinjeksikan/disemprotkan ke dalam mesin

Pengapian Terpisah               Sistem Pengapian tergabung di ECU

Komponen-komponen dasar EFI
Setiap jenis atau model sepedamotor mempunyai desain masing-masing namun secara garis besar terdapat komponen-komponen berikut.

ECU – Electronic Control Unit
Pusat pengolah data kondisi penggunaan mesin, mendapat masukkan/input dari sensor-sensor mengolahnya kemudian memberi keluaran/output untuk saat dan jumlah injeksi, saat pengapian.

Fuel Pump
Menghasilkan tekanan BBM yang siap diinjeksikan.

Pressure Regulator
Mengatur kondisi tekanan BBM selalu tetap (55~60psi).

Engine Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu mesin, kondisi mesin dingin membutuhkan BBM lebih banyak.

Inlet Air Temperature Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi suhu udara yang akan masuk ke mesin, udara dingin O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Inlet Air Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara yang akan masuk ke mesin, udara bertekanan (pada tipe sepedamotor ini hulu saluran masuk ada diantara dua lampu depan) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Atmospheric Pressure Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi tekanan udara lingkungan sekitar sepedamotor, pada dataran rendah (pantai) O2 lebih padat, membutuhkan BBM lebih banyak.

Crankshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan kecepatan putaran mesin, putaran tinggi membutuhkan buka INJECTOR yang lebih cepat.

Camshaft Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi langkah mesin, hanya langkah hisap yang membutuhkan buka INJECTOR.

Throttle Sensor
Memberi masukan ke ECU posisi dan besarnya bukaan aliran udara, bukaan besar membutuhkan buka INJECTOR yang lebih lama.

Fuel Injector / Injector
Gerbang akhir dari BBM yang bertekanan, fungsi utama menyemprotkan BBM ke dalam mesin, membuka dan menutup berdasarkan perintah dari ECU.

Speed Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi kecepatan sepedamotor, memainkan gas di lampu merah dibanding kecepatan 90km/jam, buka INJECTOR berbeda.

Oksigen Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi hasil pembakaran, digunakan untuk memilih tabel BBM yang sesuai agar mencapai standar emisi yang rendah.

Vehicle-down Sensor
Memberi masukan ke ECU kondisi sepedamotor, jika motor terjatuh dengan kondisi mesin hidup maka ECU akan menghentikan kerja FUEL PUMP, IGNITION, INJECTOR, untuk keamanan dan keselamatan.

Electronic Fuel Injection memang lebih unggul dibanding karburator, karena dapat menyesuaikan takaran BBM sesuai kebutuhan mesin standar.  ECU diprogram untuk kondisi mesin standar sesuai model sepedamotor, di dalam ECU terdapat tabel BBM yang akan dikirim melalui Injector sesuai kondisi mesin standar. Jika ada perubahan dari kondisi standar misalnya filter udara diganti atau dilepas, walaupun ada pengukur tekanan udara (inlet air pressure sensor) pasokkan BBM hanya berubah sedikit, akhirnya sepedamotor akan berjalan tidak normal karena O2 terlalu banyak (lean mixture).
Tabel ECU standar biasanya tidak dapat dirubah, karena tujuan utama EFI adalah pengurangan kadar emisi gas buang beracun.

Untuk mesin modifikasi memerlukan modifikasi tabel dalam ECU, hal dapat dilakukan dengan:
Software yang dapat masuk ke dalam memory ECU – hanya dimiliki oleh ATPM atau dealer

  • Piggyback alat tambahan diluar ECU – bekerja dengan cara memanipulasi sinyal yang dikirim ke Injector untuk membuka lebih lama (mirip tukar main jet dengan ukuran yang lebih besar).
  • Ganti ECU dengan ECU aftermarket yang dapat diprogram tabel memorynya, sesuai modifikasi, sesuai kondisi sirkuit.

Sepedamotor Injeksi pertama di Indonesia

salam,

bengkelsepedamotor

Tulisan diatas berdasarkan hasil teori dan praktek yang pernah saya lakukan dan merupakan pendapat pribadi, tidak ada kaitan atau mewakili salah satu produsen sepedamotor, maupun tempat bekerja saya saat ini.

Referensi
-Service Manual Kawasaki ZX636-C1 (Ninja ZX-6R).
-Service Manual Suzuki GSX1300R 1999-2000 (Hayabusa).

Q&A
Komentar oleh guspur — 14 Maret 2008

baca tulisan anda ttg FI… pas di bagian hubungannya dg siang-malam… Jadi inget repotnya nyeting karbu buat balap… berhubung balap liar, jadi harus nunggu tengah malem… tapi mesin dan karbu yg disetting siang hari suka gak pas dan harus disetting ulang menjelang “karapan sapi”nya… P
Kalo pake FI kayak gitu bisa diminimalisir gak ya?…

Jelas dapat diminimalisir oleh EFI, karena kerapatan O2 di udara salah satunya dipengaruhi oleh suhu, maka Intake Air Temperature sensor, mendeteksi suhu udara yg akan masuk ke mesin dan ECU akan melakukan penyesuaian waktu buka injector.
Hal ini jelas lebih baik dibandingkan karburator (ukuran jet tetap), kalau ingin lebih presisi lagi mencapai rasio 13,8:1 (full power) harus menggunakan O2 sensor (wideband) di saluran buang yg bertugas melakukan evaluasi hasil pembakaran.

32 thoughts on “FUEL INJECTION

  1. pertamax..! buka bengkel online ngga mas?

    BENGKEL ON-LINE kalau untuk tanya jawab silahkah, saya akan bantu dan usahakan sebaik-baiknya
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  2. Hmm… nice artikel, tapi mbok ya yang di bahas, dari yang simpel dulu. Kek pengertian dasarnya dulu. Biar yang newbies tentang mesin kek saya jadi ada awalannya.

    Terimakasih, kebetulan karena topik yang lagi hangat soal EFI untuk sepedamotor, saya akan mencoba melengkapi blog ini dengan dasar-dasar teknik sepedamotor. Yang paling pertama saya buat sih sebetulnya KAMUS pakai gambar biar jelas.

    salam,
    bengkelsepedamotor

  3. artikel yang bagus,, om,, mo naya nih,,, beda DOHC ama SHOC apaan om,,, trus apa keuntungan/kelibihan atau kekurangan dari kedua sistem tersebut,, mohon penjelasannya ya om,, makasih sebelumnya,,,

    Sama-sama terimakasih juga, maaf mungkin yang dimaksud SOHC, bisa lihat di http://kafemotor.org/?p=201
    Saya cuma tambahkan keuntungannya, kalau kekurangan mungkin faktor harganya DOHC lebih mahal biaya produksinya, jadi harga jualnya lebih mahal, tapi kembali lagi ke anda, mahal kan relatif dan untuk hasil yang didapat dari DOHC harganya pun masih pantas

    37. bengkelsepedamotor – November 12, 2007
    @ All

    DOHC paling unggul karena dari semua tipe/model penggerak buka-tutup katup, DOHC yang paling sedikit komponen bergerak bolak-balik.
    Karena kalau ada komponen yang bergerak bolak-balik ada saat dimana kecepatan komponen = nol.

    Daftar komponen yang bergerak bolak-balik:
    DOHC = Valve.
    SOHC = Valve, Rocker Arm.
    OHV = Valve, Rocker Arm, Push Rod.

    Semakin sedikit komponen yang bergerak bolak-balik semakin tinggi RPM yang dapat dicapai.

    salam,
    bengkelsepedamotor

  4. Waaaaah, makasih banget bro! tulisane bagus banget, selama ini aku lagi bingung ngebedain motor yang efi sama yang gak. soale harga OTR e jauh banget.

    Udah ada beluum yaaaa motor karbu dimodif jadi EFI ??

    Ada, yang melakukan modif pabrik sepedamotor, sepedamotor 125cc ada dua versi karburator dan injeksi.
    Terimakasih sudah membaca tulisannya, salam bengkelsepedamotor.

  5. artikel yg sangat menarik…

    pertannyaan saya, apakah mtn dengan menggunajan injeksi dapat mencapai top speed dibanding pake karbu?

    Pasti, sepedamotor dengan injeksi dapat mencapai top speed lebih tinggi dibanding karburator karena sistem injeksi lebih akurat dibandingkan karburator.
    Namun setting injeksi tidak dibuka oleh pabrik, dari pabrik diset untuk emisi dan efisiensi, bukan untuk tenaga dan top speed maksimal.
    salam bengkelsepedamotor

  6. Pak ulas secara lengkap tentang motor V-ixion dong thanxxxxx,,,,
    tulisannya bagus bagus lanjutkan and numpang copy gan,,,,

  7. Mas bengkel…
    Saya pnya mslh ni. Motor saya vixi keluaran I (saya beli Nov ’07). Bln Maret ’09, mulai awalnya bermslh. Pagi2 saya b’mksd memanasi mesin. Dan saat itu knalpot ngepul asapnya kebiruan, gas krng respon ke mesin, suaranya mrembet percis kayak suara mesin yanmar, saat ngepul. Kalo kepulan asap dah habis suara mesin agak normal. Tp gas ttp gak respon ke mesin. Saat itu saya pikir mgkn mslh BBM. Pdhal saya isi BBM di SPBU dibawah pengawasan Pertamina. Dan saya usahakan isi BBM di satu SPBU saja. Smpt jg saya tegor tu SPBU, supaya di perhatiin kwalitas bensin yg mereka jual. Dan hal ini dah saya ajukan sama bngkel resmi yamaha. Krn makin lama ngepulnya jd lain, kalo di gas tinggi, asapnya jd putih aromanya persis hsil pembakaran oli. Tp pihak bngkel resmi yamaha mengatakan itu bkn oli tp BBMnya yg gak beres. Dan dianjurkan pake pertamax. Dah saya pake pertamax pun ttp ngepul jg. Bln okt 09 bngkel resmi mnggnti fuel pump, katanya mgkn pngaruh pompa. Tp hsilnya ttp jg ngepul pnykitnya gak brubah. 2 mggu kmudian injektornya di gnti. Ttp jg gak ada perubahan ampe skrng. Saya dah muak asyk itu2 aja pnyakitnya. Kalo mnurut mas bngkel apakah mesin saya bermslh? Kalo b’mslh biar diajukan claim aja. Tolong ksh solusi. Thanks

  8. alo bro2 semua
    sy skrg pake Vixion 2008
    yg mau sy tanyain
    vixion sy rasa stang depanya terlalu ringan.
    baiknya dipakein fairing,pasang stabilizer stang,ato di kerasin suspensi stangnya ya?

  9. alo bro, saya mu nny, kalo beli ecu after market dmn nie? sama harga nya sekitar berapa…
    terus, kalau ecu standar bisa di setting kah??

  10. mas.saya mahasiswa mesin yag sedang menuyus TA.mau naya mas…
    di mana tempat pembelian fuel injection regulator di Indonesia???
    soalnya saya uda cari kemana-mana pi ga ketemu….mohon bantuannya mas….soalnya penting bgt untuk TA saya

    Fuel Injection Regulator ? yang mana ya ? apakah yang dimaksud Fuel Pressure Regulator ?
    Kalau FI Regulator saya belum pernah dengar, tapi kalau Fuel Pressure Regulator banyak yang jual koq, lihat tulisan saya yang ini http://bengkelsepedamotor.wordpress.com/2009/09/16/periksa-tekanan-pompa-bensin-fi/
    atau lebih jelas bisa hubungi saya via email bengkelsepedamotor2gmail.com (ganti angka 2 dengan @)

  11. ane mo tanya nih bro…!!! motor ane si vi-ix tiba2x dadak mati gitu menurut sohib2x ane katantanya full pumpnya ,padahal ane dah pernah ganti tuh fulpumpnya?

  12. Mw nanya, bagaimana cara mendektesi kerusakan efi,apa ada toolnya? Makash.

    Toolnya bisa dengan speedometer bawaan motor jika dilengkapi ”on board diagnostic”, kalau tidak gunakan alat scan dan juga alat ukur

  13. assalamualaikum.. selamat malam,, mau nanya untuk perawatan mesin fuel injection dengan sendiri bagaimana ya?? spti misalnya klau mesin karbu kan bisa bongkar dan bersihin sendiri,, apakah bisa untuk mesin fuel injection?? terima kasih.. wassalam..

  14. Perawatan untuk injeksi hampir tidak ada, yang perlu dijaga adalah kebersihan bensin dan filter udara, bersihkan filter udara dan bersihkan filter bensin dengan membuka / mengeluarkan saringan bensin yang ada didalam tangki, kalau sudah terlalu kotor lebih baik diganti, untuk membersihkan saluran masuk dapat menggunakan karburator cleaner model spray. sedangkan injector karena lubangnya sangat kecil, jika mampet pertimbangkan untuk menggati baru jika biaya membersihkan tidak jauh beda dengan ganti baru.
    Terimakasih,
    salam,
    bengkelsepedamotor

  15. mas mo nanya knpa sistm injksi pada sepeda motor bila di isi premium trus kdng trsa sekli sndatan pengpiannya,,,mohon pnjlsnnya???

  16. Assalamualaikum,

    Mas mo nanya, klo sepeda karburator bisa diubah menjadi injeksi gak ?

    Trus klo bisa gmana caranya ?

    Trims,,,,

  17. tertimakasih penjelasannya,
    sebenarnya bisa ngga si motor injeksi dirawat sendiri tanpa perlu di bawa ke beres?
    Soalnya di beres juga cuma kayak di sentuh – sentuh gitu tapi bill biaya servicenya bikin nyesek.

    Bisa, selama lampu MIL tidak menyala, rawat sendiri bisa, ganti oli mesin, ganti filter udara, yang agak rumit ganti filter bensin, tapi tetap bisa, lebih mudah koq dibanding karburator. bengkelsepedamotor belum ada sepedamotor injeksi jadi belum bisa kasih tips perawatan sepedamotor injeksi, mau kasih sponsor (CB150R StreetFire yaa) atau jadi pasien saya ?
    Salam,
    bengkelsepedamotor

  18. Bos, kalau suatu saat bisa nganibalin sistem injeksi ke Win100, jangan lupa bagi-bagi ya! :D

    Belum kepikir membuat WIN Injeksi, dengan karburator saja lebih seru, ada yang disetel, ada yang dibersihkan, ada mogoknya :)

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  19. Siang mas bro. Mau curhat nih. Kemarin motor cb150r ku tiba2 mesin mati mendadak saat jalan. Setelah distart 3x baru mesin mau hidup lagi tetapi mbrebet. Rpm saat idle jadi drop yang tadinya 1600rpm menjadi 1200rpm. Busi warna hitam. Saringan udara bersih. Sudah dibawa ke ahas dan dicek dengan alat penganlisa motor injeksi dan semuanya normal. Kira2 motor cbku kenapa yach. Trims..

    Coba periksa soket-soket sambungan kabel antara sensor, kabel body, sampai ECU, periksa juga kondisi kabelnya ada yang terjepit atau terkupas.
    Pastikan terminal aki juga terpasang dengan baik.

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  20. Mlam mas bro,,saya mau serring nich,buat mesin injeksi untuk mnghasilkan power full buat balap atau touring itu apa yang harus diganti.?
    Apakah CDI’nya,atau gimana….
    Trim’s…..

    Yang harus diganti adalah software dalam modul ECM, kalau ECM tidak mengijinkan perubahan software maka ECM diganti dengan model yang mengijinkan pengguna untuk merubah software didalamnya, hal ini dilakukan untuk penggunaan khusus (balap dalam sirkuit tertutup) kalau dijalan raya umum wajib menggunakan ECM dan software standar, program langit biru dan kontrol emisi gas buang sesuai aturan Dinas Perhubungan Darat NKRI.
    Terimakasih,

    Salam,
    bengkelsepedamotor
    logo

  21. Yang diganti adalah fuel map dalam software ECM, yang oleh pabrikan dikunci supaya sepedamotor lulus uji emisi EURO3.
    Ganti ECM aftermarket, atau pakai piggyback dan atur fuel map (setting jet/spuyer pada karburator), atur timing map.
    Terimakasih

  22. However, this scene changed when more programmers became aware of virus
    programming and started building viruses that manipulated and destroyed data on infected
    computers. , it is best to go for affiliate marketing being an initial step into the world of
    generating impartial income from home. The Unit is
    powered by the Main chip adopting the CORTEX A8 core Sam
    – Sung S5PV210,and CPU frequency up to 1GHz, Memory 512MB, internal 2G memory space for
    TV and Internet integration.

  23. With so many social media sites available, take the time to join as many pertinent ones as possible.

    There are a plethora of services that Indian SEO companies offer.
    Sadly this is not the case and in actual fact can work against you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s